Pengembangan Kepribadian Anak Bersama Boneka Tahfiz


Dalam keseharian saya dan anak anak di rumah, Sebisa mungkin kedua anak laki laki saya belajar mengenal huruf dan angka. Bukan hanya huruf latin Bahasa Indonesia tapi juga Bahasa Alquran (Bahasa Arab) yaitu Huruf Hijaiyah. Kadang  di saat beramin ketika suasana mereka nyaman satu atau 5 kata dalam sehari  saya ucapkan. Masa sih satu huruf saja tidak bisa mereka hapal. kalau satu huruf satu hari maka butuh 30 hari mereka bisa menghapaklhuruf hijaiyah dari Alif hingga Ya. 

Ketika bermain saya sering mengucapkan aliiffff, baaaa, taaaa, tsaaaaa  dengan intonasi lucu sambil memperhatikan merka apakah mereka ikut atau larut dalam mainan mereka. Kalau anak yang bungsu akan mengikuti apa yang saya ucapkan tersebut. Berbeda dengan Kanda sejak usia 2 tahun dia sudah bisa mengerti meski belum bisa mengucapkannya.

Alhamdulillah di usianya yang belum genap lima tahun, anak sulung saya Kanda yang ikut dalam acara Peluncuran Boneka Hafiz Junior yang menyerupai profesi Pilot dan Dokter . Sebelumnya diadakan seminar mengenai perkembangan anak oleh Psikolog Ibu Belinda Agustya Putri . Beliau juga sekaligus owner  El- Skal Indonesia.

Bermain adalah proses bersenang senang. Terlebih dahulu kenali dulu karakter anak anak kita saat ini. Apabila anak anak lebih cenderung senang dengan gawai (gadget) pastikan tidak merusak saraf motorik mereka. Anak yang kecanduan gadget saat tidur saraf motoriknya ternyata tidak beristirahat karena gadget tersebut. Oleh karenanya maksimal 1 jam saja cukup apabila anak anak bermain dengan game tersebut. 

Bagi ayah atau ibu yang memiliki anak, pada saat bersama mereka usahakan meluangkan waktu , buat hati orang tua nyaman dahulu, lalu segera menemui anak anak dan buat mereka juga nyaman seperti kita. Cukup luangkan waktu 5 menit saja untuk bercakap cakap, menatap mata mereka dan sekali lagi jangan acuh , jangan maen gadget, hormati mereka . Jangan sampai mereka melakukan hal yang sama seperti kita contohkan lebih menghormati teknologi dibandingkan menghormati anak anak.

Saya yang memang sedikit pemarah tidak sabaran pun akhirnya ikut bertanya kepada Ibu Belinda tentang pendidikan anak tanpa kekerasan. Jawabannya pun memuaskan saya diantaranya adalah  kekerasan terhadap anak itu akan berpengaruh terhadap kepribadiannya di masa depan . kekerasan ada dua , yaitu jangan melakukan kekerasan fisik terhadap anak semisal menampar, mencubit, memukul . kedua jangan melakukan kekerasan verbal (bahasa) semisal mengatakan bodoh, pemalas , atau label lainnya kepada anak anak kita. Itu sangat berbahaya.

Kanda yang memang banyak bicara seolah tidak ambil pusing, dan asik dengan dunianya sendiri main balon, memukul mukulnya ke atas, samping kanan dan kiri. Saya pun tak bisa marah lagi. Hehehehehe.

Boneka Hafiz Junior Teman Baik Anak Jaman Now 

Berikutnya acara yang ditunggu tunggu Unboxing boneka Hafiz Quran. Boneka yang terdiri dari dua mcam ini   memiliki durasi pengecasan selama 2 – 3 jam, memiliki durasi menyala dimainkan (stand by) selama 3 jam. Cara pengoperasiannya pun mudah tinggal lihat indikator saat mengecharge yaitu berwarna merah dan  apabila penuh maka lampu mati. Saat mode repeat selesai membaca 1 surah, surah selanjutnya tetap dalam mode repeat . Saat mode normal, selanjutnya akan tetap memutar surah yang sama dalam mode normal.

Nah ketika acara unboxing Boneka Tahfiz Junior dimulai, maka pelan pelan Kanda tenang dan duduk bersama saya mendengarkan sambil sesekali ke depan sekadar melihat dan mendengarkan apa yang diutarakan . Bonekanya bisa dikatakan imut. Pada saat tombol ditekan maka keluarlah suara sang boneka . Hafalan Alquran yang ditampilkan oleh kedua boneka Hafiz Junior ini memang cocok bila dijadikan  mainan  kid jaman now karena mudah diopersionalkan.

Juz 30 yang memang pendek suratnya akan menjadi kemudahan tersendiri. Apalagi keduanya akan bisa berinteraksi ketika didekatkan satu sama lainnya. Oh iya, banyak loh yang menanyakan soal harganya? Yup cukup dengan 660.000 rupiah Mams and Paps sudah bisa bawa pulang boneka ini untuk menemani anak bermain di rumah.  Oh iya, bila beli di Toys Kingdom  bisa dapat tambahan Alquran fisiknya juga loh berbentuk buku kecil yang sudah dibuat sedemikian rupa agar anak mau belajar membaca Alquran.

Bacaan yang bisa diputar ulang akan  ditampilkan sebanyak 4x , pengulangannya bisa 3x , 5 kali ,10 kali hingga 20 kali. Jadi kalu belum hapal tinggal diulang ulang saja. Pesan saya yakinkan anak merasa nyaman terlebih dahulu.Jangan paksakan mereka menghapal bla kondisi anak tidak memungkinkan.  Berikan mereka pilihan permainan apa yang mereka inginkan. Dampingi dan buatkan pilihan itu sesuai dengan karakter usianya.

Keunggulan Product AlQolam (Hafiz Junior)

Siapapun ingin mainannya tidak rusak, oleh karena itu mainan anak anak diusahakan memenuhi standar yang baik. Nah boneka edisi  Hafiz (Pilot) dan  dan Hafizah Junior ( dokter) memiliki banyak keunggulan diantaranya mempunyai metode untuk mempermudah menghapal Alquran dengan diulang ulang. Untuk mengetahu info detailnya berikut ini :

FITUR 
  • Murottal juz 30
  • Murottal Al Fatihah
  • 6 Lagu anak islami
  • Play per ayat
  • Play per surah
  • Opening dengan pengenalan profesi (Dokter atau Pilot



6 Lagu Hafiz – Hafizah Dokter:

1.Alqolam for kids
2.Mngenal Allah
3.Mari sholat dan baca Al’Quran
4.Belajar Mengenal huruf Hijaiyah
5.Mengenal Harakat

6.belajar Menyambung 2 huruf

6 Lagu Hafiz Hafizah Pilot:
1. Al-Qolam for kids
2. Doa ilmu bermanfaat
3. Doa sebelum tidur
4. Doa untuk orang tua
5. Membaca bacaan panjang 2 harakat bersambung 2 huruf

6. Belajar membaca dengan huruf harakat tanwin


Selamat berburu Boneka ini ya Mams and Paps Indonesia. Perkembangan anak akan lebih baik  bila  anak bisa bermain dengan alat mainan yang edukatif.

#Semoga bermanfaat

Comments

  1. Sebagai metode mengajarkan anak mengenal allah juga ya mas. Dengan memahami isi Al-Quran , juga mengajarkan ilmu tauhid pada anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dan alangkah lebih baik juga kita juga ikut menghapal sambil membetulkan mahraj dan tajwidnya. pengalaman saat mengajarkan kanda menghapal surat Al alhab ternyata pas dibaca saksama Qurannya , bcaan kita belum sesuai aturan. jadi malu sendiri deh.

      Delete
  2. Adek sy ngajakin Arisan Hafidz dol ini juga hahaha... Emg lengkap sih ya... Kyknya emg perlu satu biar anak anak gak gadget mulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, beli lah kan nantinya berguna dunia akhirat pak Ketu.

      Delete
  3. Wah maenannya bagus banget nih om. Membantu sangat perkembangan anak

    ReplyDelete
  4. Baru tau ada boneka tahfidz, makin mudah belajar agama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sudah lama hanya saja dahulu penjualannya bersifat online, sistem arisan dll.

      Delete
  5. Iya jangan dipaksa menghafal nanti malah stress anaknya, menghafal sambil main malah lebih bisa cepat hafal ya Karena menyenangkan buat anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, makanya waktu ikut lomba di ancol diusahakan anak happy tak ada pressure dikembalikan ke dunia mereka yaitu main main.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Xpander, Mobil MPV Mewah Berkelas

Tinggal Klik ! Cara SMART Punya Property Zaman Now

Urgensi Generasi Milenial Memahami Perencanaan Keuangan Jaman Now