Endruro 4T Racing 10W 40 Kehandalan Mesin Motor di Segala Medan

Perjalanan dengan cuaca panas  ekstrem  karena melewati padang gurun di Pakistan dan Iran  adalah momen yang paling saya sukai dari cerita / kisah seorang Stephen Langitan.  Pria yang melakukan   solo Riding   dari Jakarta hingga ke Eropa berasal dari  Jakarta.
Ganti Oli dulu Gaess pakai Enduro 4T Racing

Stephen  mengendarai sepeda motornya  sampai ke  London Inggris sana sejauh 30.000 km dan melewati 30 negara dan menghabiskan waktu selama 5 bulan ( 17 Agusts 2018). Kendaraannya tentu di konstruksi sebagai motor penjelajah segala medan.


Yang menjadi perhatian, Stephen Langitan ternyata menggunakan Oli Pelumas Mesin yang asli buatan Indonesia Pt. Pertamina Lubricants sebagai pendukungnya (Enduro 4T Racing 10W - 40). Oli Mesin Enduro 4T Racing 10w- 40 ini dua bulan terakhir saya gunakan juga untuk merasakan sensasi dari ketangguhan oli ini bagi mesin roda dua saya. Sebelumnya saya menggunakan oli buatan Pertamina Lubricants yang lainnya juga loh. Dan ternyata rasanya beda banget di mesin.  

Saya sampai hunting berita , review mengenai ketangguhan Oli Enduro ini. Salah satu alasan saya menggunakannya di motor saya adalah hasil dari solo riding itu sendiri :
1. Ternyata dalam perjalanannya, motor tersebut  hanya mengganti oli sebanyak 6 kali saja.  Woow  kalau  harga Oli tersebut seharga Rp 50.000,00 ( lima puluh ribu rupiah) berarti hanya menghabiskan 300 ribu saja untuk belanja oli tangguh ini.
2. Oli tersebut membuat performa mesin menjadi lebih baik, melewati  jalan tertinggi di dunia Khardungia  Top di India dengan suhu udara di bawah nol derajat , pegunungan Alpen di Eropa ;
3. Oli mesin Enduro andalan Indonesia  tersebut membuat suhu / temperatur mesin menjadi lebih stabil (mesinnya tidak over heat (terlalu  panas) meski melewati tempat dengan suhu ekstrem seperti padang gurun yang terkenal panas menyengat;
4. Oli pelumas mesin tersebut membuat suara mesin motor lebih halus , tidak  berisik meski telah menempuh jarak yang sangat jauh dan kondisi ekstrem;
5. Oli Pelumas Enduro racing  tersebut membuat ketahanan berkendara jarak jauh menjadi lebih nyaman;
6. Terakhir, Oli mesin kendaraan yang digunakan adalah asli buatan negeri sendiri.Mencintai Produk Indonesia yang sudah diakui dunia internasiona adalah bagian dari hidup bernegara.


Pertamina Enduro 4T Racing
Enduro 4T Nangkring di Motor dengan gagahnya


Secara geografis Indonesia adalah negara terbaik, dengan cuaca bersahabat . Hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tak perlu payah payah dalam berkendara menuju suatu tempat. Cukup sediakan jas hujan saja apabila ada di musim penghujan. Kendaraan yang digunakan pun akan lebih terlihat baik- baik saja meski menempuh jarak yang lumayan jauh.

Nah soal jarak tempuh berkendara, saya baru merasakan berkendara roda dua hanya sebatas mengelilingi lampung dan Banten saja. Jarak tempuh antara satu tempat satu ke tempat lainnya paling jauh memakan waktu 5 jam perjalanan, itupun dengan kondisi sebentar panas sebentar hujan lebat dan memang sih pernah merasakan mesin kendaraan over heat  yang memengaruhi performa mesin. Hal ini dikarenakan saat itu sekitar awal tahun 2000 -an saya belum aware Oli mana yang cocok dengan kondisi motor saya.  Coba bayangkan kalau saya menjadi seorang Solo Driver  yang menempuh jarak 30.000 km dari Jakarta hingga ke London. Berapa kali saya harus mengganti oli motor dan berapa kali harus ke bengkel untuk service mesin.  Bisa bangkrut perusahaan yang menyuport saya.

Bayangkan, tempat dan cuaca berbeda akan ditempuh, dari cuaca ala Asia Tenggara, Asia Barat, Asia Tengah hingga mencapai Eropa. Yang saya khawatirkan adalah saat berada di Iran dan Pakistan yang ada padang gurunnya. Kalau salah memilih oli mesin  tentu over heat akan terjadi. Beruntungnya para riders memilih Enduro 4T Racing 10 W- 40 .


Pertamina  Lubricants Enduro 4T
Tahun 2016 , saya diundang ke salah satu prabikan oli dari Pertamina. Saat itu saya takjub akan kualitasnya.Diceritakan  saat itu ada test drive dengan salah satu oli buatan pertamina lubircants juga. Bedanga jarak yang ditempuh saat itu berbeda dengan jarak tempuh yang dilakukan oleh Stephen Langitan. Saat itu hanya lokal saja,  dari Aceh hingga ke  Jakarta,  menempuh jarak mencapai 5000 km.

Keduanya sama- sama ajaibnya di akhir tiba di lokasi, yaitu soal kondisi mesin. Performa mesin juga dibahas dari hasil  motor yang diujicobakan tersebut . Hasil akhir oli tersebut nyata- nyata yang terbaik saat itu.

Atas dasar pengalaman itulah, akhirnya saya mencoba produknya  agar rasa penasaran saya lunas terjawab. Oli  Pertamina Lubricants ini memang luar biasa. Performa mesin motor kesayangan saya yang kini berusia 8 tahun masih greng , ganas dan selalu setia  menembus perjalanan 3 (tiga)  kabupaten/ kota pulang pergi dari rumah ke kantor.  

Produk Enduro 4T Racing 10W-40  memiliki keunggulan :
1. Dapat mencegah slip pada kopling basah dan memiliki kekentalan yang sangat stabil  pada temperatur tinggi dan rendah.
2. Pelumas ini juga disesuaikan  dengan kondisi  sepeda motornya, termasuk sepeda motor generasi terbaru  dengan akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi   dan terdegradasi  oleh radiasi panas dari mesin, menjaga kebersihan mesin, dapat mencegah terbentuknya  deposit pada piston, mencegah  korosi, dan mencegah komponen  mesin dari keausan.

Produk Enduro 4T SAE 20W 50

Saya sudah memakai Pertamina enduro 4T Anti Slip Kopling  SAE 20W 50). Pelumas Mesin Motor 4 T ini  memiliki keunggulan :
1. Memberikan perlindungan yang baik terhadap mesin dari keausan dan korosi ;
2. Mejaga kebersihan  mesin dan mencegah  deposit  pada piston;
3. Diddsain khusus untuk mencegah slip pada kopling ;
4. Cocok digunakan  untuk motor modern dan klasik.

Jadi kesemua produk 4T sama keunggulannya. Sesuaikan motor Anda, pilihlah Enduro 4T Racing  atau Produk Lainnya 4T Matic untuk skuter kesayangan Anda.

Saya kalau pakai  Enduro 4T ini serasa berkendara laiknya Pembalap handal. Anti Selip. Alasan menggunakan motor untuk aktivitas keseharian adalah  bisa menembus jalan dengan cepat sekalipun sedang macet , ini dikarenakan motor ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan mobil. Terlepas dari apapun , kendaraan itu harus dirawat . Ada komponen yang perlu diganti semisal oli mesinnya.

 Dalam sebuah portal berita mengenai otomotif, saya tertarik dengan statement yang menyebutkan “  Jangan belok ke sana dan kemari bila  mau promosi oli. Telah empat kali tampirl, mesin motor pembalapnya  asli pakai  oli racing Pertamina  yang full synthetic. Oli ini mengandung aditif  PAO Ester Technology, makanya dalam tiga een perlombaan motor pembalapnya sehat semua. PAO Ester adalah bahan kimia  khusus yang menambah daya  lumas, bahan ini terkenal di dunia dan bar di Pertamina, pelumas dalam negeri yang menggunakan  bahan ini.  

Enduro, selama ini  memang diakui oleh dunia dan dipakai dalam perlombaan - perlombaan balap motor baik skala nasional maupun internasional. Apalagi  Enduro 4T Racing SAE 10w- 40  merupakan pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi, dengan formulasi base oil sintetik dan aditif pilihan.  Oli asli Indonesia ini memiliki  tingkatan mutu  JASO MA2 yang merupakan  standar Jepang   untuk motor mesin empat langkah.

Oli mesin  sangat penting bagi kendaraan kita. Pemilihan oli yang pas akan memengaruhi kinerja mesinnya, yaitu untuk mengurangi gesekan  antar komponen yang terdapat di dalamnya, selain sebagai pendingin mesin tentuya. Pilihan terhadap produk Pertamina sebagai brand ternama di Indonesia (Pertamina Enduro).


Comments

Popular posts from this blog

17 Tahun K-Link Indonesia, Sweet Seventeen Bisnis K-Link Online Berbasis Syariah

Kun Saraswati : Luncurkan Debut Single “Done” Yang Bikin Move On Anak Millenial