Strategi IDN Creative Jalankan Digital Campaign di Era Pasca- Pandemi

 

Strategi IDN Creative Jalankan Digital Campaign  di Era Pasca- Pandemi

 

Meski negara kita belum  pulih dari Pandemi Covid-19 , namun di beberapa tempat sudah mendapatkan status  Level 1 yang sudah bisa dinyatakan aman dalam berkegiatan sehari hari secara  normal dan   tetap mematuhi protokol kesehatan. Ini jelas sungguh membahagiakan bagi masyarakat Indonesia secara umum.

Bahagia karena sudah bisa beraktivitas di dalam dan di luar ruangan setelah dua tahun lebih merasakan efek negative domino pandemi ini. Bayangpun  ketika work from home (WFH) yang diterapkan bagi pekerja , belajar dari rumah yang diterapkan bagi siswa/ pelajar/ mahasiswa membuat kondisi keseharian berubah total. Dari offline menjadi online, dari tatap muka menjadi serba digital dalam jaringan.  Ada konsekuensi tidak maksimal dalam pelaksanaannya.

Pandemi Covid-19 membuat masyarakat banyak  beralih menggunakan gadget / gawai untuk menggantikan berbagai  aktivitas yang biasanya dilakukan secara langsung . Tentu saja perubahan ini memaksa perilaku masyarakat  menjadikan digital marketing semakin banyak dilirik  oleh perusahaan – perusahaan.

Semakin sering kita  terpapar berbagai  jenis kampanye digital, semakin tinggi kompetensi  konten yang dapat memengaruhi  keputusan mereka  dalam membeli barang  atau menggunakan jasa tertentu. Namun di sisi lain, pandemi yang mulai mereda membuat masyarakat kembali mulai banyak beraktivitas di luar ruangan.

IDN Creative_IDN Media


Dengan perubahan  konsumsi konten online saat ini , selalu muncul pertanyaan yaitu bagaimana cara mengeksekusi  campaign digital  yang sukses pascapandemi?

Untuk menjawab persoalan tersebut, kini ada  IDN Creative yang akan mengupas tuntas dan memberikan  insight mendalam mengenai perubahan – perubahan pola konsumsi konten masyarakat  dan taktik jitu untuk sukses meng – Deliver  campaign digital  yang berhasil memuaskan baik dari sisi brand dan konsumen.

 

 

1.     Fleksibilitas dalam Bekerja

Memiliki fleksibilitas dalam bekerja  IDN Creative merupakan salah satu unit bisnis IDN Media  berbentuk agensi digital multi  platform yang fokus menawarkan  one – stop solution untuk memenuhi  kebutuhan para  brand dan advertiser. Dalam merancang dan mengeksekusi campaign, IDN Creative berfokus pada Brand Storytelling dan data – driven strategy agar dapat memberikan  hasil campaign  yang optimal.

IDN Creative , yang dipimpin oleh Maria Novena Rarahita , berupaya  memastikan tiap campaign  yang dijalankan IDN Creative dapat mencapai Objective Klien juga menyasar konsumen yang tepat sasaran dan terpenuhinya kebutuhannya.

 

Di tengah perubahan pola aktivitas masyarakat yang kini mulai kembali  beraktivitas  secara tatap muka, Naomi Silitonga , Campaign Manager IDN Creative , mengungkapkan  bahwa menjalin  komunikasi dan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, menjaga komitmen  terhadap timeline project yang sudah  disepakati merupakan beberapa soft skill yang dibutuhkan  agar kampanye berjalan dengan lancar. Dalam situasi  yang tak menentu seperti sekarang ini, fleksibilitas dalam bekerja pun diperlukan dengan tetap memperhatikan  SOP yang ada serta berpikir positif.

 

Dari segi konten,, Naomi menjabarkan pentingnya relevansi konten. “Agar dapat berhasil menjalankan campaign, kita mesti emastikan  konten – konten yang dihasilan up to date dengan kondisi saat ini agar konten tersebut rlevan dan dapat diterima target audiens dari brand tersebut. Tentu dalam mengoptimalkan pemasaran secara digital harus melihat kesesuaian  dari segi kreatif, tone, dan gaya bahasa yang digunakan  di platform IDN Media manapun.” Ungkap Naomi.

 

2.     Koordinasi dengan Cepat agar   Mendapatkan  Momentum

Pascapendemi , terjadi perubahan tren pada dunia digital campaign. Faktanya, setelah vakum sekitar dua tahun, berbagai event offline mulai ramai lagi. Sehingga berbagai brand berlomba – lomba  untuk membuat event atau  menjadi  sponsor event oflfine tersebut . Hal ini juga sangat berdampak untuk media placement, salah satunya event coverage article.

Sebagai pihak yang mengurusi kebutuhan konten tulisan untuk para klien, Copy Editor IDN Creative Cynthia Dewi Kirana merasakan  perbedaan tren tersebut. Jika saat pandemi melanda, dirinya lebih banyak mengurus event online yang nantinya  akan diliput dan dibuatkan konten berupa artkel, pada era pascapandemi ini, ia bersama tim Copywriting lebih sering  menghadiri event offline, seperti product launching, talkshow, concert, dan lain – lain. Mengurusi event offline ternyata membawa tantangan  tersendiri bagi tim.

“Kami mesti berpacu dengan waktu. Karena jika artikel ini terlalu lama dalam proses feedback dan approval, otomatis berita tentnag  event offline tersebut sudah terlewat momentumnya. Sehingga, setiap koordinasi harus dilakukan dengan cepat dan tepat.” Ungkap Cynthia.

 

3.     Hadirkan campaign yang unik agar menarik minat masyarakat

Tak dapat dipungkiri, pandemi mengubah strategi pemasaran yang selama ini  sudah berjalan akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala besar  (PSBB) di sejumlah kota besar di Indonesai hingga menurunnya daya beli masyarakat,   menurunnya kondisi ekonomi . Selama pandemi pun ada yang mampu untuk bersaing  dengan segala perjuangannya , tapi ada juga yang kalah untuk bersaing  di tengah situasi tak menentu ini . Karenanya, marketers harus berani untuk menyesuaikan eksekusi campaign-nya agar dapat menarik hati masyarakat.

 

Melihat dari situasi yang ada, penggunaan telepon genggam  selama pandemi pun meningkat di tengah adanya aturan tinggal di rumah saja saat pandemi. Menyikapi situasi ini , Copy Editor IDN Creative Anastasia Desire mengungkapkan bahwa IDN Creative sebagai marketers  pun harus menyesuaikan dengan hal ini.

“Setelah ‘mendekam’ di rumah  saja selama kurang lebih 2 tahun, masyarakat pasti membutuhkan  refreshment.

Dari sisi konten, topik yang mengandung entertainment dan jokes adalah dua hal penting  dalam membuat digital campaign.

Semakin unik campaign yang dibuat, semakin banyak masyarakat yang penasaran , membeli dan bahkan share konten tersebut di akun pribadi mereka.” Jelas Anastasia.

 

IDN Creative_IDN Media

4.     Selalu memosisikan diri sebagai konsumen dalam mengeksekusi campaign

Untuk dapat mengeksekusi campaign yang relevan dengan situasi pascapandemi , Campaign Manager IDN  Creative Lamtiar Sihombing menjelaskan  sejumlah tips. Menurutnya, marketers harus mencoba memosisikan diri sebagai konsumen dan mengenali perubahan behavior target konsumen terhadap pergantian situasi agar dapat membantu mereka untuk menentukan platform dan konten yang efektif. “We have to set the bar higher anda higher karena persaingan  konten pascapandemi semakin ketat sehingga kita harus terus berinovasi agar tetap menarik perhatian audiens.” Jelas Lamtiar.

Leibh lanjut, Lamtiar mengungkapkan meskipun perkembangan digital campaign melesat cepat, offline marketing pun masih tetap memiliki peran yang besar. Seiring kembalinya aktivitas di luar rumah , offline marketing kembali mendapatkan perannya dalam menyampaikan brand message. Disinilah pentingnya strategi kolaborasi. Menggabungkan format digital yang sudah sukses saat pandemi dengan offline marketing yang kembali mendapatkan visibilitasnya, dapat menggaungkan campaign lebih luas lagi.   

Strategi IDN Creative Jalankan Digital Campaign di Era Pasca- Pandemi Strategi IDN Creative Jalankan Digital Campaign  di Era Pasca- Pandemi Reviewed by Papi on December 16, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.