Berinvestasi Sejak Muda, Langkah Tepat Mencapai Kebebasan Finansial



Apa yang bisa di raih pada usia 0 s.d 20 tahun? Biasanya usia ini dipenuhi dengan hal hal pengetahuan baru.Dalam beberapa sisi pandangan usia ini disebut dengan usia pembelajaran di mana kita belajar bagaimana memaknai hidup.

Usia muda hendaknya digunakan secara produktif.Memulai berinvestasi sejak masih muda akan mudah dilakukan dibandingkan dengan usia tua.Kesalahan kesalahan yang dilakukan sejak usia muda dianggap sesuatu hal yang wajar. Belajar dari kesalahan istilahnya.

Muda dan berinvestasi adalah sesuatu yang sarat akan makna. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Berakit rakit dahulu bersenang senang kemudian.Begitupula dengan belajar berinvestasi semisal instrumen Saham. Memang aktivitas bermain saham ini identik dengan modal yang besar dan pengetahuan yang memadai pula.Tidak sembarang orang bisa masuk ke dalam dunia yang penuh dengan strategi teknikal dan analisis fundamental ini. Eits tunggu dulu, tidak seseram dan sesulit yang dibayangka loh! Ternyata di negara negara maju Saham itu adalah aktivitas yang biasa saja. Mantan Boss saya asal luar negeri pernah mengatakan di Singapura yang notabene negeri tetangga yang jaraknya sepemandangan mata, warganya sudah terbiasa melek investasi, cukup ke ATM terdekat lalu transaksi sudah semudah itu saja, gak perlu repot repot harus ke kantor securitas dan lain lain.

Di negeri ini,lambat launpun melalui edukasi yahh sistematis  berinvetasi saham bukanlah sesuatu yang tidak asing lagi.Cukup gunakan smartphone kita baik android,maupun iphone membeli saham blue chip semisal saham BUMN menjadi mudah. Kok bisa?

Nah pertanyaan itu sama seperti saya dan para blogger yang diundang oleh Indosat yang bekerjasama dengan perusahaan sekuritas,  Trimegah mengadakan pelatihan dan kompetisi trading saham. Menarik bukan?


Ada banyak instrumen investasi,kenapa saham?

Emas batangan, Property, tanah,Deposito adalah beberapa instrument invetasi yang juga menjadi daya tarik sendiri. Saham pun demikian dengan prinsip yang sama yaitu MEMBElI DI HARGA MURAH DAN MENJUALNYA DI HARGA TINGGI  untuk mendapatkan keuntungan sebesar besarnya. Investasi haruslah memiliki imbal hasil yang wajar dan nisa dikontrol faktor resikonya. Secara sederhana membeli saham sama dengan kita memiliki perusahaan yang juga akan mendapatkan hasil devidennya selama lembar saham yang satuannya lot di mana satu lot sama dengan 100 lembar. 

Nah disinilah peran para pemangku kepentingan harus berperan.Bapepam Badan Pengawas Pasar Modal adalah suatu lembaga yang memiliki peran besar terhadap edukasi kepada para investor baik pemula maupun profesional .Investor ini kadang sebagai pelaku juga (trader). Menjadi seorang trader bisa dipelajari dari sekarang tak perlu melihat kebelakang kenapa baru saat ini belajar trading saham?

Trimegah Sekuritas, sebagai lembaga pengelola keungan di bidang transaksi saham bekerjasama dengan Indosat Ooredoo untuk mengedukasi kaum muda Indonesia untuk menemukenali kemampuan dalam bodang trading saham melalui sebuah aplikasi .

Aplikasi Indosat Ooredoo Stock Trading Contest (ISTC) merupakan program unggulan Indosat yang bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk (TRIMEGAH) hadir dengan memanfaatkan teknologi mobile dan aplikasi digital, dimana nantinya calon trader muda Indonesia melek pasar modal dan menjadi investor aktif dan handal sebagai penggerak penting salah satu roda perekonomian Indonesia.


Saat ini Program ISTC 2, telah  diluncurkan pada tanggal 11 Agustus 2016, dan mulai dibuka pendaftaran bagi peserta program kompetisi diiringi program roadshow  hingga akhir Januari 2017 ke delapan universitas di Indonesia.  

ISTC dibagi menjadi dua kategori yakni
 1. pelajar/mahasiswa,dan ;
2. masyarakat umum. 

Setelah itu, peserta akan diundang dalam bootcamp selama dua hari yaitu tanggal 20-21 untuk mendapat edukasi mengenai pasar modal, hingga awarding pada tanggal 22 Febuari 2017, reward yg sangat menggiurkan yaitu;
1. pemenang pertama mendapat Saldo Dompetku Rp 1.000.000 plus Modal Investasi Rp 15.000.000, 
2.pemenang kedua mendapat Saldo Dompetku Rp 1.000.000 plus Modal Investasi Rp 10.000.000,dan ;
3. pemenang ketiga mendapat Saldo Dompetku Rp 1.000.000 plus Modal Investasi Rp 5.000.000 untuk masing2 kategori.

Teman teman tertarik, segera download aplikasinya di Google Playstore (Android) dan Iphone. Fasilitas yang diberikan adalah uang virtual sebesar 50.000.000 ,00 (lima puluh juta rupiah) yang bisa dibelikan saham (1 lot =100 lembar saham) di harga OFFER dan menjual (sell) diharga BID. 

Teman teman juga bisa mendapatkan menu trading baik itu 
1.Nama perusahaan perusahaan beserta harganya;
2.Harga penawaran disertai analisnya;
3.Disediakan grafik grafik pergerakan harga disertai kelengkapan alat market analisanya.

Kompetisi ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tak perlu khawatir rugi,karena kerugian dalam pembelajaran ini bisa dikalkulasikan dan ini hanya demo trading, jadi belajarlah dengan bijak sebelum benar benar menguasainya. 


Semoga bermanfaat





Comments

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi