Mengajarkan Arti puasa Pada Anak

"Anak kecil itu belum mengerti arti puasa, yang dilihat dan di dengar adalah orang tuanya.Mereka menganggap Ayah dan Ibunya adalah orang paling hebat, oleh karena itu ajarkan sholat dan puasa pada anak sedini mungkin". Ucap Prof.Quraish Shihab di salah satu acara Ramadan.

Sejak masih sekolah menengah atas hingga kini saya sangat mengagumi keluarga Shihab ini, salah satunya adalah Profesor Quraish Shihab yang kadar ilmu keislamannya tidak diragukan lagi.Ber jam jam saya sanggup melihat dan mendengarkan titian ilmu yang diberikannya. Tafsir Al Misbah yang menjadi keterarikan saya. Isi dan kandungan Al Quran diceritakan kembali dengan bahasa universal dan mudah dimengerti. Seperti halnya kisah terbaik seorang manusia bernama Lukman Al Hakim yang diabadikan dalam Surat Lukman.


Kisahnya sering kita dengar, namun tak jarang kita tidak mengetahui siapakah Lukman sebenarnya? Kenapa nama dan kisahnya diabadikan oleh Allah SWT.?

Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a., dia telah berkata: Rasullullah s.a.w. pernah bersabda:
“Adakah engkau semua tahu siapakah dia Luqman? “Mereka pun menjawab: “Allah dan Rasul-Nya sahaja yang lebih tahu.” Baginda bersabda: “Dia adalah seorang Habsyi.” Pendapat yang mengatakan dia adalah seorang habsyi, adalah dari lbnu Abbas dan Mujahid.

Siapapun Lukman Ahli Hikmah, banyak pelajaran yang saya dapat dari kisahnya yaitu bagaimana mengajarkan anak secara islami. Ada beberapa yang diajarkannya :
1.Ajarkan tauhid kepada anak;
2. Menghormati kedua orang tua, bapak dan ibu terutama ibunya yang mengandung dan membesarkan anak dengan kelemahannya

Beruntung, saat ini teknologi sudah semakin maju.Informasi berharga bagi saya yang memiliki dua anak balita bisa didapatkan dengan mudah.Jaringam Provider XL dengan Paket Combo Xtra  nya
mampu memberikan kemudahan dalam mendownnload info atau berita apa saja yang saya inginkan. Lagu  lagu , film  anak anak, ceramah islami sudah ter file kan secara baik.

Kembali ke soal pendidikan anak, orang tua tentulah menyayangi anak anak dengan segala kelebihan dan kekurangan mereka. Oleh karena itu, menyayangi mereka akan membuat suatu pola rasa sayang juga kepagda kita selaku orang tua.

Allah Mahapengasih dan Mahapenyayang atas karuniaNya pula kita sebagai hambaNya untuk terus berinstropeksi dan bersinergi dalam kebaikan terutama dalam menddidik anak.

Banyak kisah di youtube dan XL memberi kan gratis tanpa kuota untuk menontonnya.Bijaklah untuk melihat hal hal yang Diridhoi Tuhan demi kebermanfaatan yang luas di bulan suci ini. Aamiin.


Comments

  1. Iya, banyak manfaatnya kalau semua orang tahu dan paham pentinnya basis keluarga dalam pendidikan anak

    ReplyDelete
  2. Enak ya jadi ortu di era milenial,banyak alat bantu utk jelasin sesuatu ke anak-anak. Termasuk soal ibadah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya oom, apalagi ada XL.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi