Menjadi Blogger Cerdas Dengan Paham Etika Kepenulisan [Kelas Blogger Ke 17]


Saya Blogger pemula dan belum menemu kenali potensi dalam menulis. Itulah alasan klasik saya dalam mengikuti kelas Blogger Ke-17. Yup, saya “tertampar” dengan    apa  yang diutarakan oleh Oom Gapey Sandi yang memberikan materi bagaimana menulis REPORTASE yang baik.

Tulisan harus berbeda dengan yang lainnya dan buatlah piramida terbalik tidak sekadar 5W +1H nya yang sudah umum dalam dunia kepenulisan reportase. Tapi ini bukan media mainstream semisal Koran atau majalah yang dihasilkan oleh karya jurnalistik oleh wartawan. Blogger harus berbeda dengan media mainstream. Oleh karena itu Kang Arul dengan tegas mengatakan kalimat penegas dalam sebuah tulisan
di blog adalah menggunakan kata “Saya ” . Tulisan pun tidak perlu panjang, yang penting muat dalam handphone ketika di baca.   Paragraf  demi paragraph mengalir dengan jelas . pastikan nara sumbernya tidak ada kata yang salah dalam penyebutannya. Untuk yang satu ini saya sedikit “tertawa” saat Blogpost on The Spot  di Kelas Raksa Online , ada peserta yang salah menuliskan nara sumber dengan nama yang berbeda dan ini fatal banget menurut Kang Arul.
Sudah dua kali saya mengikuti acara kelas blogger yang pertama adalah acara sebuah start up dan yang kedua acara di Kantor Raksa Online . Nah saya perhatikan setiap acara yang diselenggarakan oleh Kelas Blogger memenuhi unsur:
  • Penuh Kompetensi, baik dari sisi penyelenggara, Brand sebagai mitranya maupun siapa  nara sumber yang dihadirkan dalam setiap acara semisal R.Gaper Fadli yang sudah femes sejagad maya;
  • Materi yang uptodate sesuai dengan kebutuhan para blogger;
  • Hadiah yang banyak sekali dan bikin semua blogger berebut bawa pulang hadiahnya;
  • Selain hadiah saat event biasanya juga akan ada hadiah paska event dan ini bikin blogger lainnya terus berpacu meraih hadiahnya.

Bertempat di Kantor Raksa Online sebuah tempat ekslusif yang menurut saya berbeda dengan kantor asuransi sejenisnya yang lain. Untuk menegtahui apa itu Raksa Online silahkan cari tahu di sini 
Bagaimana  Melakukan Reportase  dan Blogging  On The Spot , menemu kenali cara mereportase yang dituangkan dalam tulisan di Blog. Secara  sederhana Oom Gapey ini memberikan materi yang umum, namun karena blogger jarang sekali konsisten menerapkannya maka materi ini tetap menjadi perhatian serius untuk diikuti. Lalu apa yang kita harus lakukan dalam mereportase, berikut uraiannya :
  1. Jeli

Kadang setiap blogger tidak atau kurang jeli melihat apa tema yang menarik untuk diangkat dalam tulisannya. Angle cerita yang biasa diambil oleh wartawan saat meliput dan menuliskannya mampu membua pembaca menikmati tulisannya hingga akhir. Seperti halnya kejelian dalam menuliskan reportase ala blogger, Oom Gapey memberikan contoh mengambil angle soal keunggulan kantor raksa online. Sebelumnya cari tahu apa kelebihannya  dari produk yang akan kita review dan buat itu di halaman utama paragraph tulisan kita.  “ Ketika saya dating ke lantai dua Kantor Raksa Online tiba tiba tercium  harum aroma spa yang membuat kita relax dan terbawa mimpi. Rupanya di sinilah tempatnya  para customer dimanjakan dengan relaksasi spa yang menjadi keunggulan Raksa Online ini”. Begitulah pemaparan   bagaimana kejelian menentukan angle apa yang menjadi keunggulan dari produk yang akan di review.

2. 5W + 1 H , kalau ini semua sudah paham  karena harus ada di semua tulisan par ablogger kalau menuliskan  reportase.;
3.   Kepo ;
pemateri yang gaya bicaranya terkenal santai ini menjelaskan bahwa keingintahuan kita terhadap suatu  produk juga sama diinginkan oleh para pembaca yang mampir di blog kita.
 4. Runut;
Saat membuat tulisan, ada runtutan waktu tempat dan alur dari apa yang kita tuliskan dalam bentuk aline paragraph dari A sampai dengan Z, dari atas sampai bawah sehingga membuat nyaman pembacanya.

5.  Akurat;
Keakuratan dalam sebuah tulisan mutlak dilakukan oleh Blogger . Informasi yang kita dapatkan harus dari sumber yang kredible jangan salah dalam mencari informan untuk produk yang kita review . Fakta di lapangan harus dapat diverifikasi keakuratannya dengan berbagai sumber agar jelas perbandingannya.


6.  Bermanfaat
Sama seperti apa yang dilakukan oleh Kelas Blogger yang bekerjasama dengan Asuransi Rak sa Online yang memiliki kebermanfaatan bagi para pemilik kendaraan bermotor di Indonesia. Maka tulisan yang dihasilkan dari  reportase yang dihasilkan harus mengandung unsure kebermanfaatan bagi pembacanya.

7.  Etika ;
Sebagian Blogger tentu menjadikan profesi ini sebagai mata pencahariannya meski demikian ada blogger yang menganggap aktifitasnya saat ini hanya penyalur hobi saja. Blogger yang satu dan lainnya dipastikan akan berbeda dalam gaya penyampaian di tulisannya. Namun ada satu hal kesamaan yang harus ada yaitu soal ETIKA .
Soal etika ini bisa diterapkan saat reportase  dan melakukan wawancara keada nara sumber.Ada etika di sini semisal mengenalkan terlebih dahulu sang blogger semisal nama, asal dan keperluan wawancaranya untuk apa sebelum bertanya langsung . Hal ini dilakukan agar ada kenyamanan saat wawancara berlangsung sampai mendalam.

8. Ekslusif;
Pastikan tema yang kita ulas itu ekslusif, meski itu bukan tema dari kita sendiri. Yakinkan bahwa tulisan ini didedikasikan kepada sang pemberi kerja . Cari ekslusifan dari tema yang kita peroleh.


Nah yang unik itu , Pematerinya menyingkat kata REPORTASE  menjadi rangkaian kalimat informatif :

#R itu rencana
buat daftar pertanyaan , buat pertanyaan tak perlu detail, akan ada wawancara mendalam ke depannya.
#E
EKSPLORASI
Mengeksplorasi apa yang ingin didapat
# P
Pilah dan Pilih
Banyak narasumber yang berada di lokasi, pilih dan pilah yang sesuai untuk dimasukan kedalam tulisan kita
#O
Olah, apa yang sudah kita dapatkan baru bisa kita olah.
#R
RUNTUT
Jangan sampai loncat , aliran tulisan yang kita buat harus runtut , tersusun
#T
TERCATAT
#A
Alirkan, Akuratkan
#S
SEGERA
Segerakanlah tulis
#E
Etika dan Eksklusif
Ruangan Raksa Online di lantai dua yang kami eksplorasi dalam acara kelas Blogger ke 17 yang lalu


Berikut Tambahan  Tips Blogging on The Spot

1. Ikuti Kaidah yang berlaku
2. Gunakan Semua Indera yang kita punya
3.selalu catat point point
4. Write The Way You See, Hear and Feel
5. Bentuk LIPUTAN PENDEK itu Piramida Terbalik
6 A
1. Who When Where What
2. Why + How
#7 TEKS
Contoh Bagus adalah BBC.Com
#8 Tetap wajib 5 W + 1 H
#9  Jangan memecah Artikel
#10 manfaatkan Aspek Visual

Menuliskannya dalam sebuah tulisan menarik apa yang kita dapat dari Kelas Bloger Ke 17 ini adalah pengalaman yang luar biasa. Semoga jaya selalu dan saya bisa ikut kelas kelas berikutnya. Aamiin



Comments

  1. banyak ilmu yaaaa hari itu, semoga kepilih lagi

    ReplyDelete
  2. si papi mah biasa ikutan blogging on the spot yak...gak kaget kayak yg lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya ini pertama kalinya oom. Hehehehe

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi