Stunting Pada Anak ! Ayah Tak Perlu Khawatir

Yang Harus Dilakukan Apabila Anak didiagnosa Stunting !

Bu Mira saat membuka acara Ngobrol Tempo 


Ketika sesi pertanyaan di buka saat diskusi bareng Tempo kemarin (Rabu, 24 Januari kemarin di Resto Bunga Rampai Menteng Jakarta Pusa) segera saja saya mengangkat tangan untuk sharing dan lebih tepatnya meminta para pembicara merumuskan apa solusi untuk mengatasi stanting di Indonesia. Masalah ini (stanting) saya alami sendiri sejak anak kedua saya didiagnosa terkena .
Sedih mengetahui anak kesayangan terdiagnosa stanting dan hingga kini perawatan agar  sang anak terbebas dari  bayangan buruk di masa depan segera terselesaikan. Mungkin banyak yang bertanya apa sih stanting itu? Sampai suatu ketika istri saya menghadiri seminar kesehatan dan temanya adalag tentang stanting.

Di Indonesia, tercatat hampir sembilan juta anak di bawah usia lima tahun mengalami pertumbuhan  yang tidak maksimal (stunted) akibat kekurangan gizi kronis. Dengan angka ini, Indonesia berada di peringkat kelima negara yang kekurangan gizi sedunia, kita lebih baik dibandingkan kamboja dan Timor Leste untuk Asia Tenggara (luar bisa bukan, betapa peningnya pemerintah kita untuk mengatasi hal ini).Negeri kita di masukkan ke dalam 47 negara  yang punya masalah gisi besar.

“Stanting mengancam generasi mendatang sebagai generasi yang hilang “. Tambah penasaran mendengarnya. Kenapa sebahaya itu ya? Ternyata Stanting (stunting), kekurangangizi  pada usia dini dapat meningkatkan angka kematian untuk bayi dan anak, mudah terserang penyakit  dan kerja otak yang tidak optimal (IQ yang jauh dari anak normal) sehingga menurunkan  kemampuan kognitif” Ujar Fasli Jalal Salah satu pembicara yang banyak sekali memberikan informasi akurat kepada kami, terutama saya yang memang butuh sekali informasi sekaligus solusi konkretnya.
Masih menurutnya, anak stanting itu tidak boleh makan melebihi batas yang nantinya akan menimbulkan penyakit obesitas dan penyakit degenaratif lainnya. Untuk meningkatkan IQ berilah maanan yang bergizi dan pahami cara bagaimana menghilangkan cacing/ binatang  yang sering memakan makanan dalam tubuh anak kita. Yang paling membahagiakan adalah potensi kecerdasan akan terus berkembang apabila orang tua selain memenuhi ketahanan pangan juga selalu memberikan kasih sayang kepada anak anaknya.

Angka stanting yang tinggi juga diperkirakan dapat merugikan perekonomian Indonesia dalam jangka panjang. Menurut studi Grantham –McGregor (207), anak yang mengalami  stanting berpotensi memiliki penghasilan lebih rendah sekitar 20 persen dibandingkan anak  yang tumbuh optimal. “UNICEF memperkirakan  stunting juga bisa menyebabkan pendapatan domestik bruto  merosot 3%. Untuk yang ini saya tidak mau membahasnya, karena ini urusan negara yang sudah seharusnya dimaknai sebagai “warning”. Kalau 1 diantara 3 anak  menderita stanting itu namanya kejadian luar biasa bukan penyakit biasa.

Oleh karena itulah, menurut Bapak Yanuar Nugroho  permasalahan stanting bukanlah permasalahan kementrian kesehatan, tapi berkaitan dengan kelembagaan juga. Kapasitasnya sebagai Deputi II Kepala Staf Kepresidenan  melegakan semua pihak ketika ada informasi 12 kementrian dan 3 badan  melakukan kerja aksi  kepada 100 kabupaten/kota yang sedang dikerjakan mengenai penanganan stunting  di Indonesia dan 10  kabupaten kotaa menjadi prioritasnya. 

Dikelompok orang kaya, ada sekitar 20 persen anak stunting , karena saat ini ada proses MRI yang sangat canggih akanterlihat  anak stunting atau tidaknya. Dahulu indikatorya adalah berat badan berbanding umur , saat ini tidak seperti itu. 

Dalam acara ngobrol bareng Tempo ini, dari keempat pembicara kesemuanya berpendapat bahwa stunting perlu perhatian serius. Stunitng berbeda dengan kurang gizi, meski akibatnya akan ke sana. Kejadian pada Suku Asmat di Papua adalah kejadian yang bisa diprediksi karena kontur wilayahnya yang sangat sulit dijangkau, sanitasi yang buruk dan lainnya jadi faktor penyebab gizi buruk yang mengakibatkan kematian pada anak anak.

Saya sedikit banyak memahami selain genetika, ada hal lain yang menyebabkan anak menjadi stunting salah satunya adalah  ketahanan pangan tidak ada di rumah dan ini menyebabkan 37,6 persen anak anak di Indonsia gagal tumbuh. Ketiak anak gagal tumbuh ada hal dikemudian hari yang diderita oleh mereka :
1. Waktu belajar  akan telat mikir ;
2.Waktu mulai berproduksi  kecerdasannya rendah;
3. waktu  saat berproduksi kesehatannya akan menurun.

Apa yang harus saya lakukan apabila itu terjadi ?
1. Segeralah konsultasikan ke ahlinya, di Indonesia ada banyak ahli gizi anak yang akan membantu anda menemu kenali poensi stunting pada anak. Waktu ini terjadi pada kami, istri saya langsung berkonsultasi dengan dokter anak dan meminta saya sebagai ayahnya untuk ikut diperiksa. Pemeriksaan sekitar tinggi badan, berat badan dan riwayat penyakit yang pernah diderita baik oleh saya dan istri.
2. Ada beberapa rangkaian test stunting , semisal cek laboratorium darah, tulang, air seni sampai feses anak;
3. Rutinlah memeriksakanya hingga disiplin soal penggunaan obat untuk anak. Untuk kasus anak saya ternyata ada infeksi di saluran kemihnya. 

Sebagai ayah, tentu ada kekhawatiran berlebih, terutama saat saya menelusuri informasi kesehatan tentang stunting ini banyak orang gagal paham dan tak jarang mengetahuinya , meski yang saya tanyakan adalah Dinas Kesehatannya langsung di salah satu kota  di mana saya berasal tak jua saya dapatkan. 
Para Pembicara Ngobrol Tempo


Menurut Bapak  Fasli , anak stunting bisa hidup normal dan memiliki kecerdasan  normal dengan beberapa catatan :
1. Beri dan siapkan ketahanan pangan ;
2. Beri stimulan gizi yang sesuai ;dan yang terakhir
3. Beri kasih sayang yang tulus pada anak

ketiganya akan menaikan stimulasi fungsi otak terutama terjadi peningkatan apabila anak mendapatkan kasih sayang penuh dari kedua orang tuanya.

#semogabermanfaa
#NgobrolTempo
#Cegah Stunting



Comments

Popular posts from this blog

Back To The Future ! SAVASA Delta Mas- Hunian Bahagia Terbaik Nuansa Jepang Yang Menjadi Kenyataan

LUGANO LAKE PARK , Suasana Swiss di Perumahan Tangerang CitraRaya

Xpander, Mobil MPV Mewah Berkelas