4 Pilar Kebangsaan hadir dalam Bentuk Prangko Indonesia

Jumat yang lalu (30/3/2019) MPR membuka lembaran sejarah baru. Mendapat persetujuan dari Kementrian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) , Prangko 4 Pilar Kebangsaan akhirnya diluncurkan.  Biasanya Prangko menampilkan gambar yang iconik, semisal Kepala Negara, Tempat Pariwisata terkenal sampai dengan tokoh tokoh dunia.. Teramat jarang sebuah prangko berisikan idiologi negara salah satunya yaitu 4 pilar kebangsaan tadi. 
Sekjend MPR, Bapak Ma'ruf Cahyono sedang memperlihatkan prangko 4 pilar kebangsaan

Ya, banyak orang yang belum mengetahui  4 pilar kebangsaan ini, Undang  Undang Dasar 1945, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan terakhir adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Dalam acara yang dibuka oleh Sekjen MPR  Dr. ma'ruf Cahyono  dihadiri juga oleh Hadir antara lain Direktur Pos Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo Ikhsan Baidirus, Kepala Regional 4 Jakarta PT. Pos Indonesia Oni Hardiono, Kepala SBU Non Keuangan RU Peruri Bapak Fadel, dan Kabag Humas MPR RI Hj. Siti Fauziah.

Empat pilar kebangsaan resmi akan terpampang dalam prangko yang bisa digunakan oleh siapapun, termasuk oleh para pengoleksi prangko itu senditri. Prangko ini bukan sekadar prangko biasa, namun semangat bangsa Indonesia akan dengan mudah dilihat oleh dunia. Menjadi kebanggaan tersendiri melalui prangko ini sosialisasi kehidupan bernegara dan berbangsa bisa dengan cepat tersampaikan.

Saya menjadi saksi sejarah  bahwasanya hari itu, di MPR telah diluncurkan Empat disain prangko yang di-launching melambangkan Empat Pilar MPR, yaitu prangko bergambar sila-sila Pancasila (Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara), prangko bergambar Pembukaan UUD (UUD NRI Tahun 1945 sebagai konstitusi negara), prangko bergambar peta Indonesia (NKRI sebagai bentuk negara) dan perangko bergambar lambang Garuda Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika  sebagai semboyan negara.


Comments

Popular posts from this blog

17 Tahun K-Link Indonesia, Sweet Seventeen Bisnis K-Link Online Berbasis Syariah

Kun Saraswati : Luncurkan Debut Single “Done” Yang Bikin Move On Anak Millenial