Bea Cukai Bukan Sekadar Sita Barang Saja.

barang /paket kiriman yang kecil di pindai di sini, isinya kadang tidak seperti yang kita bayangkan sebelumya. Bila anda pernah lihat gambar mainan orang dewasa, disinilah akan sering ditemukan. Jadi jangan coba coba membeli mainan dewasa dari luar negeri ya, alamat tak kan pernah sampai di tangan anda.BARANG TERLARANG
Bagi yang berwirausaha,  memiliki atau pengguna online shop (toko online), hendaknya dalam menjual/membeli barang agar memperhatikan  segala aturan aturannya.Jangan tergoda dengan produk - produk  iklan bombastis semisal iklan pelangsing, ikaln kosmetika dan lain sebagainya dengan harga murah dengan tambahan murah/ gratis pengiriman.Sungguh Pengalaman Ke Bea cukai Pasar Baru Jakarta Pusat (18/11/2015)  dalam rangka HARI ANTI KORUPSI  membuka mata dan jiwa saya.   Dalam hal ini aturannya terkait dengan penerimaan barang dari luar negeri ke Indonesia melalui Kantor Pos Indonesia di Pasar Baru jakarta pusat. Sebagai contoh ada kasus si X membeli alat kosmetika dari online shop dalam negeri, namun dalam kenyataannya kosmetika ini didatangkan dari luar negeri semisal Amerika Serikat. Nah ketika barang kosmetika itu sampai ke Indonesia. Kosmetika itu tidak akan pernah sampai ke Tangan Si X tersebut. Kenapa demikian?
Pihak Bea Cukai akan melayangkan surat ke Si X untuk datang ke Kantor Pos dan memberitahukan bahwa barang yang dia beli tidak boleh beredar di Indonesia karena kosmetika harus ada ijin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) .kemudian akan ada pilihan dikembalikan ke negara asalnya dan mengisi form atau di musnahkan? Pemusnahan itu sendiri dilakukan dalam setahun ada dua kali . Kalau ingin dikembalikan agar ada refund si X tersebut tidak dikenakan biaya apapun.cukup isi form tertulis saja.

Semangat Anti Korupsi 

Apabila anda sebagai pengguna jasa online dan belum mendapat kesempatan mendapatkan kiriman atau bahkan " surat cinta" ndari bea Cukai ataupun kantor pos, maka ada baiknya segera menelpon customner service Bea Cukai untuk menindaklanjuti kepenasaran anda. Halo Bea Cukai 1500225, sms 0811500225,twitter @beacukaiRI email info@customs.go.id 


Penjelasan Kosmetika tidak boleh masuk tanpa Ijin

Para Blogger yang  mendapat kesempatan mengunjungi  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai ( KPPBC ) Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru mayoritas ada hawa hawa negatif pertama kali kalau mendengar kata Bea dan Cukai. Hampir sebagain besar pernah mendengar atau bahkan mengalami sendiri kejadian kejadian yang tidak mengenakan dengan institusi  kepabeanan ini. Salah satunya tertuang dalam tanya jawab dengan para pejabat Bea dan Cukai KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru. 



BEA CUKAI DARI MASA KE MASA

Zaman Kerajaan

Sejak abad ke -16 di wailayah nusantara telah dikenal kedudukan  syahbandar yang berada di pelabuhan pelabuhan besar  seperti Aceh,Malaka,Banten,Tuban,Gresik,Martapura,Banjarmasin dan Makasar. 


Zaman reformasi (1999-  hingga kini) 

Melalui Prakarsa Reformasi Tahun 2002  Direktorat Jendral bea dan Cukai semakin fokus menjalankan fungis utama sebagai pemberi fasilitas perdagangan ( trade  facilitator), dukungan industri dalam negeri (Industrial Assistance) ,pemungut penerimaan negara (revenue collector), dan memberikan perlindungan kepada masyarakat (community protector). Sementara melalui percepatan Reformasi Tahun 2006  DJBC mulai mengembangkan jaringan jaringan dan membangun kantor kantor bea dan cukai yang modern  di seluruh wilayah Indonesia.


Blogger Hata sedang bertanya Bea Cukai Menjawab


Diskusi seru setelah makan siang selah menumpahkan keingintahuan kami kepada para pemanku kepentiningan salah satunya adalah kepada Bapak Jatmiko (Bidang Analisis dan Tindak Lanjut Kepatuhan Internal PUSKI Kepabeanan dan Cukai)  dan Ibu Nurtanti Widyasari yang bekerja sebagai Kepala KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru. 

Bapak Jatmiko menjelaskan bahwa mulai 1 Oktober 2014 Bea dan Cukai memberikan pelayanan untuk masyarakat luas yang bertajuk Bravo Bea Cukai.karena seringnya pertanyaan dari masyarakat yang berhubungan dengan Bea Cukai  . 

Salah satu pemateri  Bapak Himawan Setiyo mengatakan bahwa Bea cukai melalui Kantor Pos  menerima kiriman barang minimal 2 truk dari seluruh dunia dimana barang-barang yang dikirim sebelum diterima oleh orang yang dituju terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan fisik secara selektif dan disaksikan oleh petugas pos.

  
Good Job
Di penghujung kunjungan kami para blogger  mendapatkan  kesempatan untuk mengunjungi tempat Unit Pendidikan dan Pelatihan Anjing Pelacak Narkotika Direktorat Bea dan Cukai Bea Cukai Jl. Jend.Ahmad Yani by pass,Jakarta Timur. “Anjing-anjing disini dilatih sekitar 4 bulan untuk belajar mengendus  adanya narkotika dan turunannya  pada barang yang dikirim dari luar negeri.Ada dua jenis tipe anjing aktif dan pasif. Jika aktif saat mereka menemukan ada narkotika di dalam paket yang sebelumnya sudah dilakukan x ray terlebih dahulu.  Ketika sudah terendus maka  anjing akan mengacak-acak paket  tersebut dan menggonggong keras.Sebaliknya anjing yang pasif hanya duduk di depan bungkusan dan terdiam disamping barang yang mengandung narkotika sebagai  sinyal yang diberikan agar petugas segera memeriksa barang tersebut.Perhatian negara terhadap anjing ini adalah diberikannya status PNS dan mendapatkan pelayanan dan perawatan yang layak, termasuk tempat tidur di dalam kandangnya.
Bella si "PNS" yang sudah Pensiun
Begitulah, banyak masyarakat yang belum memahami fungsi dari Bea cukai itu sendiri, karenanya beragam infomrasi terus disebarkan, termasuk mengundang para Blogger aktif untuk mengkampanyekan Hari Anti Korupsi. Semua harus berbenah tidak terkecuali Pihak Bea Cukai sebagai Garda Terdepan dalam hal melindungi negeri ini dari serangan Narkotika dan turunannya.

Suasana pertemuan 

Blogger dan Petinggi Bea cukai Kantor Pos Pasar Baru

BRAVO BEA CUKAI 

Patung Pak Pos Sebagai Penanda Bahwa Mereka Hadir Untuk Anda





Comments

  1. good job honey wkwkwkkw

    ReplyDelete
  2. okeh okeh okeh. hehehhehehee

    ReplyDelete
  3. mas... kalo barang masih processing custom documents sudah 14 hari itu saya harus menghubungi siapa ya ?

    ReplyDelete
  4. cukup hubungi Call Centre Bravo Bea Cukai di Nomor 1500225

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi