Si Jenius Solusi Digital Dalam Genggaman Anda




Jenius! Itu pertama kalinya saya mengenal sebuah aplikasi perbankan serba digital. Berawal dari sering lihat baner papan iklan super besar di Daerah Kota Tangerang Selatan yang isinya kita dapat meminta bank memenuhi keinginan kita semisal transfer, lebih hebat lagi kita bisa memiliki rekening dengan nama panggilan kita (sesuatu yang menjadi trend) istilah ini akhirnya akhirnya saya ketahui dengan nama cashtag yang diawali dengan simbol $ di depannya.

INOVASI DIGITAL UNTUK KEMUDAHAN

Bertempat di Intro Jazz Bistro &Cafe, BSD City Kota Tangerang Selatan PT.Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) saya menghadiri acara talk show bertemakan Inovasi Digital Untuk Kemudahan. Acara yang diselenggarakan Hari Rabu siang ini (14.00WIB) menghadirkan pembicara  perempuan dari sebuah portal berita ternama detikcom bernama Sena Achari (sebagai Division Head Product Management) kemudian hadir juga Bapak Irwan S.Tisnabudi (Product and Value  Proposotion Head Jenius). Keduanya adalah ahli dibidangnya yang berkolaborasi untuk memberitahukan kepada khalayak umum bahwa menabung itu mudah dilakukan dalam era digital ini. Keduanya dimoderatori oleh  Bapak Wahyu Daniel (Redaktur Pelaksana Detik Finance).

Mungkin acara ini tidak saya kupas mendalam mengenai materi Ibu Sena yang mengupas latar belakang portal berita bernama detikcom siapa pendirinya dan mengapa didirikan,perubahan warna dan varian produk yang menyertainya sampai perubahan warna portal berita tersebut.Yang jelas detikcom adalah salah satu media yang saya pahami dan setia membacanya hingga kini.Terutama soal berita olahraga sepak bola favorit saya. Tulisan saya akan lebih mendalam mengenai si jenius ini, makhluk apakah ini,kenapa dia ada san untuk apa diciptakan?

Sama seperti detikcom yang terus bertransformasi kearah perbaikan pun begitu dengan dunia digitalisasi yang terus tumbuh dan berkembang yang membuat kita terkooptasi dan terhegemoni akan keberadaannya. "Dunia harus digenggam meski Anda baru saja bangun dari tidur"

Beruntung saya mengenal jenius sebelum acara ini berlangsung, apalagi setelah time linimasa saya penuh secara masif aplikasi jenius yang seperti melambai lambaikan tangannya untuk diunduh. Ya, inovasi  digital juga terjadi di dunia perbankan. Secara konvensional bertatap muka dan mendatangi bank pusat,cabang,cabang pembantu untuk mengurus aktivitas perbankan semisal membuka dan menutup tabungan sungguhlah menghabiskan waktu namun bukan sebuah kesia-siaan.

Memiliki visi mengubah hidup jutaan rakyat Indonesia ,BTPN seperti yang diungkaplan oleh Bapak Iwan meyakini pentingnya inovaso digital untuk mengadaptasi  perilaku masyarakat yang menginginkan  kemudahan dan keamanan dalam melakukan kegiatan perbankan.

Staf Jenius sedang melayani para blogger yang datang saat acara 

salah seorang blogger yang sedang mengaktifkan Akun Jenius dipandu oleh staf dari Jenius 
Pada Agustus 2016 lalu,ternyata BTPN meluncurkan Jenius yang merupakan sebuah revolusi (catat ya) dalam bidang perbankan dengan proses digitalisasi yang dimulai  sejak awal.Bila Anda memiliki produk ini atau setidaknya mengerti bahwa dunia digital diciptakan untuk melayani akan percaya dengan jenius, pengguna dapat melakukan pembukaan rekening,mengatur limit kartu,blokir dan buka blokir kartu, serta manajemen keuangan  secara swalayan dengan menggunakan  smartphone Anda yang berbasis Android maupun iOS.

Sekali lagi, saya sengaja mendaftar lebih awal pada pukul 08 pagi pada Rabu tersebut yang intinya agar lebih memahami dan mengerti apa aplikasi Jenius ini. Meaki tidak langsung aktif seperti peserta lainnya yang hadir saat itu Saya mendapatkan pengalaman berbeda. Setelah mengunduh aplikasi ini via android di google palystore pada pagi hari.Saya memiliki waktu menyiapkan persyaratannya yaitu ktp,npwp dan  foto diri. Ajaibnya dan menurut saya menarik adalah salah satu syarat tersebut dilakukan secara mandiri semisal foto selfie, baik diri sendiri maupun bersama saat memegang ktp, Ini benar benar kekinian.

Puas mengoprak oprek isi aplikasi Jenius, kurang lebih pukul 11 siang saya do telpon oleh customer service tentang proses selanjutnya.Kabar mengenai kartu dan manfaatnya akan dijelaskan detail oleh kurir dan dibuatkan janji bertemu. Saya menyepakatinya pukul 14.00 di rumah saat itu.

Senin sore, saya melihat paket dari Jenius sudah ada di kursi tamu saya.Secepat itukah kinerja orang orang Jenius? Taraaaa akhirnya kartu berwarna orange ini sudah dalam genggaman saya berikut dengan penjelasannya.

surat langsung dikirimkan ke alamat rumah sesuai KTP atau domisili yang bersangkutan


kartu Jenius sudah siap diaktifkan

Dari pengalaman saya ini, menilai Jenius merupakan inovasi digital banking  untuk segmen consuming class yang identik dengan masyarakat urban dan melek teknologi.Aplikasi ini mengubah  cara perbankan secara signifikan dengan memperkenalkan fitur fitur  unik,antara lain $Cashtag,Send It, Split Bill,Pay Me, Dream Saver dan Visa e-Card. Hal inipun persis sama seperti yang diutarakan oleh Bapak Irwan.

$Cashtag

Salah satu fitur unik andalan menurut saya. Merupakan salah satu fitur yang menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening. Cashtag saya sendiri adalah $PapiKYH sebagai nomor rekening saya. Tidak mungkin akan ada nama seperti saya dalam akun jenius, karena 100 persen $PapiKYH adalah saya sendiri sesuai dengan apa yang saya daftarkan dalam pembuatan rekeningnya.

SEND IT

Merupakan fitur untuk kirim uang,baik ke rekening ban,nomor ponsel atau alamat email  semuanya dengan tiga langkah mudah.

PAY ME

Merupakan fitur untuk mengirim permintaan uang.

SPLIT  BILL

Merupakan fitur untuk berbagi tagihan dengan teman atau keluarga. Sebagai misal anda dan teman Anda total 4 orang makan dan minum di sebuah restoran dan biaya yang dikeluarkan bisa langsung dibagi empat sesuai tagihan (tentu saja keempatnya telah memiliki akun Jenius).

DREAM SAVER

Dari penjelasan Bapak Iwan mengenai fitur unik, dream saver adalah salah satu yang membuat bank kembali ke tujuan awal yaitu membuat pundi pundi uang kita bertambah. Dengan aplikasi ini tak ada lagi hutang yang ditanggung oleh pengguna Jenius. Kita tertantang untuk mewujudkan mimpi kita.Semisal Saya ingin umrah bareng keluarga kecil saya (total 4 orang) maka berapa total dana yang akan disiapkan, berapa lama waktunya dan berapa dana yang mesti ditabung. Dengan bunga 5 persen pertahun saya rasa cukup mengedukasi masyarakat untuk tidak mengutamakan hutang dalam mewujudkan mimpi kita. Fitur untuk membantu mewujudkan tujuan dan mimpi dengan menabung harian secara otomatis.

KELEBIHAN LAINNYA

Otoritas Jasa Keuangan telah berperan serta untuk membuat para pengguna aplikasi ini aman dan nyaman dalam penggunaanya. Jenius dilengkapi juga dengan  Kartu Debit  Visa untuk transaksi ritel di seluruh dunia  dan tersambung dengan  jaringan perbankan nasional serta sistem pembayaran internasional . Salah satunya adalah  kartu visa e-card yang memungkinkan Anda melakukan transaksi pembelanjaan online.

Bapak Irwan mengatakan di acara tersebut bahwa "Harapan Jenius tidak hanya dilihat sebagai aplikasi manajemen life finance saja, tetapi juga sebagai sebuah tool yang dapat mengubah  hidup serta mengelola keuangan masyarakat urban dan melek teknologi menjadi lebih mudah,cerdas dan aman tanpa harus berkompromi dengan gaya hidup mereka".
Teman saya ini senang sekali bisa menarik dana di atm prima/atm bersama dari tabungan jenius
Saat ini program Jenius baru menyasar wilayah Jabodetabek.Padahal teman yang saya undang asal medan kepengin banget punya tabungan Jenius. Semoga cepat menjalar ke seluruh nusantara.Aamiin.

Jenius dan sang revolusioner terhadap habit konvensional perbankan hendaknya juga belajar kepada detikcom agar keberhasilan dan kemandiriannya menjadi portal berita nomor satu sesuai visinya menjadi medoa online yang fastest,leading & trusted. SEMOGA SAJA!












Comments

  1. Bagaimana cara downloadnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai tulisan di atas bisa pakai google play store untuk android dan iOS untuk apps store

      Delete
  2. Boleh nih informasinya bermnfaat bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di buka tabungan jeniusnya keren dan kekinian loh.

      Delete
  3. Wah mami ikutan download ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk mi bisa dapaetin free saldo loh. Dah banyak yang ngaktifin sekarang.

      Delete
  4. Wah... Baru tau saya, manteps tuh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi