Merawat Kendaraan , Sekarang Semudah Tersenyum Loh

MOTOR GEDE DAN SENYUM  KARTINI MASA KINI

Tersenyumlah, maka dunia bisa Anda genggam. Setidaknya orang yang marah akan reda bila melihat sebuah senyuman yang begitu tulus. Soal senyum ini, saya punya pengalaman tersendiri, saat di mana kendaraan saya ditabrak dari belakang. Amarah begitu memuncak ingin rasanya memaki si pengendara tadi. Eits tetiba gejolak panas  saya mereda melihat senyuman yang menurut saya adalah senym terindah dari seorang Bapak dengan anak  yang diboncengnya di depan. Alhasil saya ikhlaskan saja apa yang sudah terjadi saat itu.

Dari kejadian itu saya berfikir bahwa senyum mampu mengantarkan kepada kebahagiaan, sama ketika mendapatkan sebuah kemenangan. Dan senyum ini bisa dipelajari dan di praktikan. 

Kembali soal senyum yang kali ini menjadi  tema  dari Blogger Gathering yang diadakan oleh Portal Otomotif No1 di Indonesia. Bertempat di The Hook  Cafe and Resto di  Daerah Kebayoran Baru Jakarta Selatan, acara kali ini mengusung tema Kartini. Ya, Sosok Perempuan Indonesia kebanggaan Bumi Pertiwi. Nah, kali ini ada  Kartini yang direpresentasikan oleh Perempuan penyuka dan pemilik  kendaraan baik mobil maupun motor.
Gathering  kali ini sedikit heboh, karena Blogger Perempuan  ternyata menyambut positif dan menjadi   lebih interaktif  bertanya/ berdiskusi dengan para Pembicara yang hadir saat itu.   Indra Prabowo, managing director  Mobil123.com dan sebagai moderator acara membukanya dengan kalimat "merawat kendaraan  itu tak hanya  performa saja, tapi juga keselamatan".




Tema Blogger Gahthering yang diusung adalah "Merawat Kendaraan Semudah Tersenyum"
Merawat Motor Semudah Tersenyum, Benarkah ? Para pembicara yang diundang oleh Mobil123.com banyak menjelaskan  bahwa Keselamatan itu tak hanya dilihat dari harga motor, kualitas mesin, namun juga soal perawatan  seperti bagaimana memilih oli  mesin berkualitas.

Soal Perempuan, kali ini ada yang unik, yaitu kehadiran beberapa perempuan , termasuk  Mbak Intan dan Mabk Ipoet .  MbakIntan adalah Sosok perempuan yang mampu tersenyum bersama Pertaminalubricants . Mbak Intan dalam sambutannya mengatakan " Acara kali ini juga dipersembahkan bersamaan dengan perayaan dengan peringatan Hari Kartini . Hidup di Jakarta bakalan tidak  jauh dari transportasi".  Kata Intan.

Saat ini banyak kaum  dari "tulang rusuk kiri"  yang menggunakan kendaraan bermotor dalam kesehariannya. Termasuk   My Wife. Mulai dari berangkat kerja, sampai pulang kerja. Yang bikin deg degan adalah cara bawa motor istri yang nyata nyata dari Medan ini, ya sering membuat cemas. Karena pernah saya kejar Ibu dari dua anak ini karena sein lampu lupa dimatikannya. Hal ini sungguh membahayakan, mau belok kiri tapi lampu sein nya ke kanan. Daripada buat masalah di jalan, akhirnya saya kejar dan saya beritahukan agar lebih memperhatikan lampu sein nya apabila mau berbelok kanan /kiri. Sebaiknya memang bagi kaum perempuan saat ini  harus lebih awareness dan perlu belajar sama Mbak Ipoet yang seorang Biker,  juga harus tahu cara merawat motor untuk menghindari risiko-risiko yang terjadi dan demi keawetan mesin motor itu sendiri.
Arya Dwi Paramita selaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat.
Dia menjelaskan setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan lain-lain.

"Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati," 
Arya Dwi Paramita.


Lady biker Ipoet Iout Kusumo Negoro , yang juga anak dari seorang Legenda Hidup Komedian Indonesia ( Indro warkop) menceritakan pengalaman seputar memiliki kendaraan motor, bukan sembarang motor, tapi Motor Gede  Harley Davidson. Wajahnya sumringah dan selalu tersenyum ketika menjelaskan awal mula dirinya menyenangi Moge. Pasti dong berbinar, soalnya sudah dianggap spesial. "Biar  adil".katanya. Adil di sini dari tiga bersaudara  di keluarga ,  dialah salah satu yang mengikuti jejak ayahnya .

Perempuan sekarang, janganlah khawatir untuk ke bengkel motor, kemudian harus paham  aturan berkendara dan paham apa saja kekurangan kendaraan yang dimilikinya. Kalau dirasakan kurang sreg segera ke bengkel terdekat.


Arya Dwi Paramita selaku Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants mengatakan, perawatan motor adalah wajib dan mudah dilakukan bagi setiap pemiliki motor agar bisa selalu digunakan setiap saat. 
Dia menjelaskan setidaknya pemilik menyempatkan servis rutin ke bengkel resmi walau sekedar ganti oli mesin, membersihkan motor setiap hari dengan lap chamois jika tidak terlalu kotor, memastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan, tidak bawa beban atau penumpang berlebihan, menggunakan bensin berkualitas sesuai anjuran pabrikan, memilih lintasan rata dan lain-lain.

Performa motor ditentukan seberapa apik pemiliknya memperhatikan penggantian oli mesin di samping perawatan baterai. Setidaknya ini langkah awal yang harus kita lakukan jika kita pecinta motor sejati," kata Arya Dwi Paramita.


Menurutnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, memang motor-motor saat ini di Indonesia menyuguhkan berbagai teknologi dan fitur modern seperti teknologi asupan bahan bakar injeksi. Namun hal paling utama adalah harus memperhatikan perawatan mesin. Karena kondisi mesin sepedamotor bergantung dari pemeliharaan pemiliknya. Arya menambahkan.
Alasan pemilik harus rajin dalam pergantian oli pada mesin motor karena di dalam mesin motor ada berbagai macam komponen yang bekerja.

Anda tentunya akan merasa tidak nyaman bila rumah yang ditempati kotor tak terawat, bahkan bila direnovasi tentunya akan mengeluarkan dana yang banyak. Pun demikian dengan motor atau mobil tunggangan kita. Kondisi semisal motor  kotor, kusam warnanya, baret di sana sini , oli mesin  kering atau lama tak diganti akan menyebabkan tampilan dan suaranya "gak banget" untuk dilihat. Ketika diservice ke bengkel "alamaaak" dompet jebol saking mahalnya. mau tahu Tips nya?



Agung Prabowo  banyak sharing apa yangharus dilakukan oleh para pemilikkendaraan . Beliau yang juga  Selaku Technical Specialist Integrated Management Academy PT. Pertamina Lubricants memberikan penjelasan bagaimana sebenarnya merawat motor.
 Menurut nya,  performa kendaraan  yang baik tergantung bagaimana pemiliknya mengtahui kapan seharusnya penggantian oli mesin selain perawatan baterai. Memperhatikan perawatan mesin adalah hal yang paling utama. 

Begini Tips Ringan Merawat Motor, terutama untuk kaum hawa.

  1. Cek Kondisi Oli;Ini penting, oli yang sudah lama kondisinya akan hitam, karena kotoran dalam mesin akan bercampur dan luruh menyatu dengan oli. Oli yang kering atau sudah lama tidak diganti akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna; 
  2.  Cek Kondisi Aki; Pilih aki terbaiik, ada aki basah dan aki kering. Aki kering perawatannya kurang lebih dua tahun, sementara aki basah harus berkala untuk dicek dan isi ulang air akinya. Aki "soak" akan menyulitkan kendaraan untuk menyala, terutama soal penerangan lampu dan starter otomatis akan terkendala. 
  3.  Periksa Rantai dan Gir, rantai ini yang sering tidak diperhatikan, rantai kering tidak dipelumasi akan menggangu performa kendaraan motor. Bila rantai ini sampai putus maka akan menyebabkan kendali kendaraan.Untuk kondisi tertentu menyebabkan kecelakaan; 
  4. Periksa Kabel Koil dan Busi. Motor susah disela, di starter? Periksa kondisi kabel koil dan businya. Sering kena air dengan steam tekanan tinggi akan mengakibatkan kabel terkelupas dan rumah busi juga terendam air;
  5. Perhatikan Selang Bensin. Pembakaran tidak sempurna kalau selang bensin mampat atau tidak pada tempatnya; 
  6.  Panaskan Sepeda Motor Secukupnya;
  7. Periksa Tekanan Angin;
  8. Gunakan Part Sesuai Rekomendasi Pabrikan.; 
  9.  Jangan Lupa Cuci dan Salon Motornya.

Ingat, kebersihan sebagian dari iman. Senyum merekah kalau motor atau mobil Anda kinclong. Dan jangan pelit ke salon mobil ya bro n sist !


Jadi, bagi para Kartini, saat ini  senyum anda akan terus merekah bila sudah tahu tips and trik perawatan kendaraan yang saya sebutkan di atas.

Selamat mencoba!








Comments

  1. "Menurut nya, performa kendaraan yang baik tergantung bagaimana pemiliknya mengtahui kapan seharusnya penggantian oli mesin selain perawatan baterai"

    bener pak, selain oli mesin ternyata perawatan baterai juga penting
    bersyukur bisa ikutan acara kemaren yang nambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pernah ngalamin sih soal baterai ini. Jadi kemana mana rusaknya kalau gak terawat.

      Delete
  2. kmr mo ngobrol ma Ipoet, eh kelupaan dah :)

    bermanfaat tips2nya om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta aja no kontaknya oom. Biar oke

      Delete
  3. Setuju bangat Mas, bahwa baik dan buruknya motor itu tergantung pemiliknya, kalo pemiliknya rajin merawat motornya pasti selalu anteng dan awet ya Mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siip :D bener banget. Siapapun akan merasa nyaman dan senyum kalau kita rapih dan wangi apalagi tunggangan kita kinclong terawat .

      Delete
  4. Awak pun dirumah kalau mandiin motor sambil senyum-senyum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe, apalagi om ono yang liat mak tuty mandiin motor, pasti tersenyum bangga.Iya kah?

      Delete
    2. Eh...sy disebut, lagi berbusa sabun motor nih hihihi

      Delete
  5. Merawat kendaraan sama saja dengan merawat diri ya? Biar gak sakit. Kalo sakit mulu pasti masuk bengkel terus dan kurang fungsionalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sakit mulu tanda tanda tidak menjaga kesehatan. Kalau kendaraan mogok mulu tanda tidak menjaga perawatan.

      Delete
  6. Tipsnya bermanfaat bgt pak, apa lagi buat kita2 yg perempuan bisa diterapin nih

    ReplyDelete
  7. Jadi, disenyumin langsung kinclong? Hahaha pastinya ga yak. Dicuci, ganti oli sana sini. Dibelai manja sambil dikilik2 biar tetep betah sama tuannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. kendaraan tanpa oli ibarat pohon tanpa daun. harus dijaga agar tetap ngacir.

      Delete
  8. Apalagi kalo yg nabrak orangnya cantik, masih jomblo, terus senyumnya manis banget dengan adegan slow motion kibas-kibas rambut sambil buka helm dan kaca mata gimana mase dimaafkan apa enggak? Hihi 🙈🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau cantik mas dede yang perpanjang aja ya! hehehhehe

      Delete
  9. Klo motor terawat pasti byk yg melirik kang apalagi cwek yg meliriknya, mau nggak mau si pengendaranya pun ikut tersenyum karena diperhatiin....

    ReplyDelete
    Replies
    1. widiiii pengalaman pribadi nih. yang penting oliny berkualitas mas bro.

      Delete
  10. memang naik kendaraan sekarang lebih praktis klo naik angkot ngetemnya kelamaan. klo udah ngomongin kendaraan emang sangat kebantu sama saudara laki yg lebih tau masalah mesin

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tapi gak mau kan kalau naik motor atau mobil butut , mogokan lagi? pasti merepotkan wajah cantik bisa tampak garis kerutnya.

      Delete
  11. Naik motor itu seru banget, tapi tetap ya perempuan juga kudu bisa merawatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perempuan naek motor sendiri itu keren asal tau aturan n rambu2 nya.

      Delete
  12. Biasanya saya gak terlalu tanggap mengenai mesin kendaraan ya. Tapi sekarang saya jadi tau cara mudah merawat kendaraan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi