Mobil 123.com Ajarkan Blogger Memburu Mobil Bekas Berkelas



The Hook Resto n Bar , Jumat 31032017 jadi saksi bersatunya dua raja otomotif di bidang penjualan dan pembelian mobil bekas di Indonesia. Difasilitasi oleh Portal Otomotif No 1, Mobil88 yang dinaungi oleh group Astra Internasional dan Autosafe yang dengan 5 outletnya konsern dengan Mobil Asia Berkualitas Eropa Hyundai sangat banyak memberikan informasi bermanfaat soal kepemilikan mobil di sekitar kita.



Bisa dibilang saya sangat menyetujui apa yang dikatakan oleh Bapak Indra Prabowo dari Mobil123.com bahwa Industri jual beli mobil bekas tidak mengenal kata mati alias akan abadi. Karena apa?


Sebagai pengalaman pribadi di rumah yang notabene adalah keluarga besar,  di antara kami telah memiliki mobil impiannya masing - masing, ada yang tegas memilih mobil baru karena keuangan memadai, ada juga yang memilih mobkas alias mobil bekas sebagai pilihan utama. Banyak alasan untuk memilih baru atau bekasnya kendaraan dan baru sebulan yang lalu, saya berkeliling  dari dealer satu ke delaer lainnya untuk mencari,memilah harga  membeli mobil baru untuk adik di Palembang. Rencananya pembayarannya secara cash. Uang ada,mobil tersedia dan semuanya terasa lancar hingga yang tidak terpikirkan adalah mobil belum bisa dipakai langsung karena surat - surat belum tersedia bahkan plat nomor kendaraan pun harus menunggu jadi. Perbedaan membeli baru dan bekas inilah yang dikupas secara padat oleh kedua nara sumber yang dihadirkan oleh Mobil123.com kali ini.


Dari pembicara pertama   Bapak Halomoan Fischer  Lumba.toruan, Chief Operational Officer dari Mobil 88   didapatkan banyak faktor yang menyebabkan masyarakat kita "melirik" mobkas untuk dijadikan tunggangannya, dengan catatan harus ada keuntungan tersendiri bila memilihnya :

1. Harga tentu lebih bersahabat dengan keuangan keluarga alias bisa lebih hemat, berbeda dengan membeli mobil baru yang akan lebih banyak mengeluarkan dana;

2. Kendaraan langsung bisa dipakai, karena tak perlu menunggu  surat - surat kendaraan semisal STNK, BPKB, Plat nomor kendaraan seperti membeli mobil baru;

3. Tingkat depresiasi lebih rendah, nah di dini letak yang disukai penyuka mobkas. Harga purna jual mobil baru dengan mobkas akan berbeda. Pada mobil baru akan terasa signifikan depresiasinya (nilai penyusutan barang) .Sebagai contoh Adik kandung Saya membeli mobkas senilai 90 juta rupiah dan tiga tahun kemudian menjualnya kembali dengan selisih penjualan yang sedikit saja. Tak perduli tangan pertama atau kesekian mobkas tetap menjadi buruan asalkan kondisinya seuai standar terbaik. Lalu, hal apa saja kah yang menjadi standarnya?



Membeli Mobkas masih menurut Bapak Halomoan tidak terlepas adanya faktor resiko, hal ini bila kita tidak jeli dan sembarangan membeli di tempat penjualan mobkas tentu saja akan menjadi bumerang di kemudian hari :


Berikut faktor resikonya:

1. Mobil disita, bila mobkas yang kita beli terkena sanksi hukum pidana, mobil tersebut dipakai oleh pelaku perampokan dan kemudian di jual lalu dibeli oleh kita yang tak tahu menahu asal muasal mobil tersebut bekas dipakai siapa dan untuk apa?;

2.Kerugian Material, banyak sekali kasus kerusakan yang tidak diberitahu oleh penjual kepada pembeli, kerusakan yang diakibatkan oleh tabrakan sampai kena strukturnya , kebanjiran tentu saja akan merugikan kita dalam hal materialnya;

3.Ancaman keselamatan, mobkas yang dimodif sedemikian rupa, dipoles agar terlihat bagus namun kondisi mesinnya yang kurang baik akan mengakibatkan ketidaknyamanan dalam berkendara, salah salah nyawa kita bisa terncam di jalan raya;

4.Tidak bisa BBN, hal ini sering terjadi kendaraan kita sulit atau bahkan tidak bisa ganti nama alias Bea Balik Nama karena berbagai faktor, salah satunya tersangkut kasus hukum;

5.Ancaman pidana 6 tahun, hati hati mobkas yang kita beli itu adalah dari hasil pencurian. Anda akan terkena pasal penadahan dan diancam pidana 6 tahun nantinya. Telitilah sebelum membeli, cek surat surat kendaraan Anda ke kantor polisi,Samsat dan lain sebagainya lembaga yang berkompeten di dalamnya.

Hal yang menurut saya urgent dalam diskusi kali ini adalah faktor resiko yang terjadi di Indonesia  tentu saja  akan direduksi oleh Astra melalui Mobil88. Bergerak di bidang jual beli mobil bekas sejak  Tahun 1988, lembaga ini menjamin kualitas dn kuantitas kendaraan yang akan dipilih.

 "Nomor Satu adalah pelayanan kepada konsumen yang terbaik".Pungkas Halomoan.

Mobil 88 juga  memberikan Tips untuk memilih mobil yang jadi incaran para konsumen, diantaranya:

1. Tidak ada unsur penipuan;
2.Tidak ada bekas kerusakan berarti akibat kecelakaan sampai terkena struktur;

3.Tidak kena banjir atau sejenisnya, biasanya ini bisa dilihat dari interior di dalam mobkas tersebut.




Autosafe Hyundai




Dalam Blogger Gathering ini, yang menjadi perhatian serius oleh Saya adalah keberanian Hyundai untuk bersanding dengan Astra  (Mobil88). Diwakili oleh Bapak Hendrik Wiradjaja, Deputy Marketing Director dari PT. Hyundai Mobil Indonesia, persepsi saya dijungkir balikan oleh sebuah situasi di mana produsen Hyundai yang berkibar di Indonesia sejak Tahun 2000-an dan bagi masyarakat awam dirasakan untuk memiliki varian produknya butuh pemahaman yang matang.Itu sebabnya kepemilikannya jauh di bawah kemampuan Mobil keluaran Jepang. Mindset bahwa harga jual mobil asal Korea Selatan akan jatuh secara dalam (depresiasi) tidk terbukti. Meski baru ada  5 outlet yang ada di wilayah Indonesia, Pak Hendrik optimistis dengan mempertahankan kualitas standar Eropanya suatu saat nanti penjualan mobkas Hyundai akan sejajar dengan Mobkas asal Jepang.Alasannya?

Tentu saja, Autosafe yang mewakili Hyundai Indonesia akan memberikan informasi secara rigid,benar.dan terpercaya. Mobkas Hyundai akan dihargai secara ekslusif, apalagi mobkas yang masih di bawah lima tahun. Punya kendaraan mobkas Hyundai dan ingin menjualnya di pasaran,Silahkan hubungi kami dan akan kami beritahukan harga sebenarnya. "Bila sulit jual di pasaran maka jual saja di Autosafe, Kami akan hargai lebih tinggi,".Ujar Pak Hendrik.

Untuk penjualan mobil di bawah 3 tahun akan ada garansi, bila.melewati 5 tahun akan dilihat kilometernya.

Memiliki Mobkas baik dari Jepang maupun Korea saat ini tidaklah terlalu sulit. Menggampangkan diri membeli ke tempat yang belum jelas kredibilitasnya akan menyebabkan faktor resiko seperti disebutkan di atas terjadi. Memilih Mobil88 atau AutoSafe Hyundai adalah sesuatu yang bijak di saat semua lembaga penjualan berlomba lomba mempromosikan sesuatu yanh belum tentu berpihak kepada konsumen.

Mobil123.com mengajarkan kami bagaimana memburu mobil berkualitas di acara ini, apalagi kali ini hadir pula dua tamu istimewa dari iCar Asia : 


1.Mr.Hammish Stone (Chief Executive dari PT.iCar Asia) 

2. MR.joe Dische (Chief Finance dari PT. iCar Asia)


Keduanya membawa suasana baru di acara ini dan membuat para Blogger Komunitas ISB terkesima .



#Semoga bermanfaat.




Comments

  1. menambah wawasan ttg #mobilbekas di acara ini ya omm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget oom. Beli bekas tapi berkelas kan luar biasa.

      Delete
  2. terimakasih, pastinya bermanpaat, pake "P" sunda pisan euy kang yusep wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih kang unggul bahasa sunda yang disempurnakan
      Hehehehe
      Mau nulis manfaat, keketiknya manpaat mulu untung bukan magpaat.

      Delete
  3. Perlu banget nih acara blogger gathering kayak gini terus diadakan. Jadi kitakan jadi lebih tahu tentang permobilan. Kali aja, someday aku mau beli mobil bekas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya oom. Lama2 kita bisa jafo expert nih. Karena fokus ngikutin semuanya. Sampai akhirnya terbeli mobil impiannya.

      Delete
  4. Update babget ya mobil123, jd bs paham banyak deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastinya semua acaranya kece badai n bermanfaat mi.

      Delete
  5. harga bersahabat? bener banget pak :)
    itu jadi kelebihan mobil bekas ketimbang beli yang baru
    apalagi depresiasinya jadi lebih rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting 3 selamat
      Selamat kantong
      Selamat berkendara
      Selamat membeli

      Delete
  6. Acara kaya gini bagus bangat, memberi ilmu yang sangat diperlukan oleh banyak orang, sekarang jadi tahu bagaimana tips membeli mobil bekas supaya tidak ketipu penjual nakal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pusat jual mobil di Indonesia banyak bertebaran di mana2 yang jelas ada di antara mereka yang mengutamakan pelayanan kepada konsumen sisanya adalah bisnis keuntungan pribadi.

      Sebagai contoh, Kondisi daerah kita yang rawan banjir jadi pijakan bahwa memilih mobkas harus jeli dan teliti.

      Delete
  7. Asal tahu tips dan trik, niscaya mobil bekas berkualitas didapat dengan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul oom. Beruntung nih daya ikut acara mobil123.com jadinya tahu harus kemana kalau mau beli mobkas.

      Delete
  8. Wah recommended bgt nih bung yusep... Salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap bro. Terimakasih sudah mau mampir

      Delete
  9. Wah recommended bgt nih bung yusep... Salam.

    ReplyDelete
  10. Wah sip deh, mobil bekas ya mobil 123 ajah, iya kan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya iyes.
      Selamat hunting mobil ya.

      Delete
    2. Jawabannya iyes.
      Selamat hunting mobil ya.

      Delete
  11. Hayuu ah cari mobil bekas berkelas di Mobil123

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk... jangan lupa bawa duit nya ya.

      Delete
  12. Mobil123 keren ya, emak-emak kaya aku pasti akan pilih nih, kan danaya selain buat mobil bisa beli yang laeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emak2 mah penuh peehitungan. Pilih warna mobil aja bisa lama. Hehehehe.
      Kudu kinclong di mata gak bikin kempes dompet suami

      Delete
  13. Kalau nanti ada rezeki buat beli mobil, walaupun bekas mending sekalian beli di tempat terpercaya yaa biar nggak dag dig dug.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan manjang jadinya n gak malu sama tetangga samping kanan kiri depan belakang kalau terjadi apa2 sama pembeli. Hehehehehe

      Delete
  14. Ya nih, skrang jdi byak tau klo mau beli mobkas berkualitas kemana carinya....tpi tetap intinya konsumen harus jeli dan teliti sbelum membeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget harus teliti sebelum membeli sesal gak akan didapat. Aamiin

      Delete
  15. Om mau beli mobil ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mau eksekusi oom. Qqqq

      Delete
  16. Mantap ni..kalo udah beli mobil tetangga jangan lupa diajak jalan-jalan ya om :)

    ReplyDelete
  17. yup betul, kalo nyari mobil bekasnya di Mobil123 pasti dapetnya yang berkualitas ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, pengalaman mmebuktikan.apalagi jaman sekarang semua info bsa didapatkan dengan mudah dan cepat. Berkualitasnya sesuatu barang berbanding lurus dengan dmana kita membelinya.

      Delete
  18. Pokoknya kalau udah ngomongin layanan, gak ada yg ngalahin deh.

    ReplyDelete
  19. mobil88 memang identik banget dengan mobil bekas, klo mo cari2 pasti cek dulu disana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener banget, dan ada hyindai Autosafe yang bisa jadi pilihan kalau mau gaya pakai mobil kualitas eropa

      Delete
  20. Iya kerasa jatuhnya ya kl beli mobil baru trus kmd dijual :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,.penyusutannya luar biasa apalagi kalau mobil matic, belinya mahal jualnya terdepresiasi dalam

      Delete
  21. Wah kebetulan ayah saya lagi mau cari mobil bekas, mau saya sarankan pake jasa Mobil123.com nih. Makasih infonya, mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama semoga berkenan n dapat mobil idaman .

      Delete
  22. Informasinya sangat bermanfaat banget buat aku yang lg galau mau beli mobil baru apa bekas, soalnya harus liat tabungan dulu.hihi
    kalaupun jd beli bekas kan kudu dicek dulu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pasti harus tidak memberatkan keuangan keluarga mbak. Apapun mobil yg dipilihnya.

      Delete
  23. jadi beli mobil bekas bisa menguntungkan juga asal jelas tempat belinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, bener bangets. Tempat menentukan juara

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi