Bukan Karena Anda, Tapi karena Tiroid Anda !

Waspada Gangguan Tiroid !

"Kenali Gejala Awal, Periksakan dan Berobat Segera"

Sesekali saya memegang tenggorokan, khawatir berbentuk kupu-kupu dan kalau benar, tentu saja indikasi terkena Tiroid  bisa saja terjadi. 
Seminar yang diadakan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia , Hari Jumat kemarin adalah kali kedua yang saya hadiri. Kali ini bertemakan "Bukan Karena Anda, Tapi Karena Tiroid Anda". 

Gangguan Tiroid adalah kelainan pada kelenjar tiroid, dapat berupa kelainan fungsi dan atau  perubahan bentuk. Gangguan tiroid  merupakan  salah satu penyakit  tidak menular  yang perlu diwaspadai karena dapat memengaruhi  kualitas hidup.

Apakah Kelenjar Tiroid ?

1. Kelenjar tiroid atau yang lebih dikenal dengan kelenjar gondok adalah kelenjar  endokrin yang menghasilkan hormon tiroid.
2. Kelenjar tiroid terletak di leher depan bagia bawah,menyerupai bentuk kupu-kupu.
3. Pada orang dewasa ukuran satu lobusnya kira-kira sebesar ibu jari tangan yang bersangkutan.

Dalam seminar ada beberapa narasumber yang berkompeten diantara nya Ibu Lili  Sriwahyuni Sulistyowati, DR. dr. Aman   Bhakti   Pulungan dr. Eni Gustina,MPH. dan dr. Roy Panusunan Sibarani, SpPD,MPH. dan lainnya.


Apa Fungsi Hormon Tiroid ?

1.Memengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita;
2. Membantu tubuh menggunakan energi agar tetap hangat;
3. Untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Sedangkan  gangguan tiroid itu sendiri adalah kelainan fungsi maupun kelainan bentuk. Nah menurut para narasumber, gangguan ini  bisa dari bawaan (kongenital) atau didapat. Yang lebih mencengangkan  gangguan tiroid dapat mengenai semua umur dan jenis kelamin bisa terkena 5 s.d 8 kali lebih besar dibandingkan laki-laki.


Apabila Anda  mengalami gejala dan tanda fisik ganguan  seperti  lemah, lelah, ngantuk , kurang konsentrasi, sulitbuang air besar, gangguan penglihatan, kurang tenaga , tidak tahan dingin,  nyeri sendi, kesemutan, suara serak maka ada kemungkinan Anda mengalami  Gejala Hipotiroid  dengan Tandanya  Nadi menurun,  bengkak pada muka dan kaki,  pembesaran kelenjar tiroid,  gangguan menstruasi.

Sedangkan  apabila Anda  mudah marah/emosional, sulit tidur, sulit konsentrasi, tidak tahan panas, berdebar , banyak makan tetapi  berat badan  tidak bertambah, berat  badan menurun dengan cepat maka Anda ada kemungkinan  terkena Gejala Hipertiroid dengan tanda-tandannya mata melotot, nadi cepat, keringat berlebihan, gemetar,  pembesaran kelenjar tiroid, gangguan menstruasi.

Lalu bagaimanakah tiroid ini memengaruhi kualitas kehidupan kita sehari-hari ?
Jelas, gangguan tiroid ini  dapat memengaruhi kehidupan sehari-hari, menurunkan kualitas hidup, dan memiliki dampak psikologis. 

Secara khusus, gangguan pada kelompok  usia tertentu  dapat berupa :
1. Bayi baru lahir, dapat terjadi  retardiasi mental;
2. Anak- anak , gangguan tumbuh kembang dan perilaku;
3. Usia Dewasa,  dapat mengakibatkan penyakit jantung, tulang keropos, gangguan kesuburan.
4. Pada ibu hamil,  meningkatkan resiko  keguguran , kelahiran prematur, gangguan  pertumbuhan pada janin.

Dalam seminar sehari ini, Kemenkes dan Prodia mencoba mengedukasi masyarakat apabila lemah lesu tidak bersemangat bukanlah karena Anda, tapi karena Tiroid Anda. Cek dan segeralah berobat.

#semoga bermanfaat


Comments

  1. Alhamdulillah sehat semua . Tapi tetep kudu di cek nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena efeknya bisa jadi luar biasa di masa depan mi.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi