Pengalaman Mudik Pakai BBM SPBU Modular di Tol Trans Sumatra dan Apresiasi Satgas RAFI 2019 MOR3 III Pertamina


ISI FULL TANK BBM KENDARAAAN ANDA ,
MUDIK MENJADI LEBIH NYAMAN

Pengalaman Mudik Pakai BBM SPBU Modular di Tol Trans Sumatra
Salah satu Bukti Pelayanan Penyediaan BBM di Jalur Non Fungsional


Halo Gaess! Kembali Blog Si Papi kembali hadir. Kali ini saya akan membagikan kisah mudik saya lebaran kemarin bersama keluarga  ke Medan Sumatra Utara . Dari titik nol rumah saya di Tangerang  menuju Sibolga  Tapanuli Tengah dan Kembali lagi ke Tagerang (PP) menghabiskan  total perjalanan sepanjang 2400 km . Luar biasa bukan? 

Tentunya ada perasaan was – was dari saya pribadi, mengingat saya membawa serta dua balita ( 4 dan 6 tahun), mertua kami yang sudah sepuh (65 dan 70 tahun) . Tentunya saya harus memastikan ada rasa aman, nyaman  dan terkendali  dalam perjalanan berhari – hari ini. 

Salah satu yang menjadi perhatian serius saya adalah  adanya ketersediaan Bahan Bakar Minya di Perjalanan dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera . Dalam tulisan kali ini saya akan mengupas soal bagaimana Mudik Aman dari sisi Bahan Bakar Minya (BBM).

Penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM)
Isi Full Tank Kendaraan Anda!

Saya harus memastikan jalur jalur mana saja  kendaraan saya harus berhenti dan mengisi Bahan Bakar.  Langkah pertama saya akan mengikuti arahan Pertamina untuk mengisi Full Tank BBM. Ini untuk mengatasi kondisi macet yang tidak terprediksi. 

Karena mobil saya BBMnya adalah Dex Lite ( Solar), maka di jalur Trans Sumatra saya memastikan ada ketersediaan ini. Syukurnya sepanjang perjalanan sudah ada rest area yang sudah dilengkapi dengan SPBU Non Fungsional. 

Langkah berikutnya, saat akan melewati Palembang, Jambi, Sumatra Barat hingga ke plosok Sumatra Utara , saya sudah menandai di mana saja SPBU yang bisa disinggahi untuk sekadar istirahat, Meski ada beberapa SPBU yang tidak melayani pelanggan selama 24 jam, tetapi secara keseluruhan SPBU sudah lengkap penyediaan bahan bakar berbagai variannya. Dimulai dari premium, pertamax, solar, bio solar ,Dex lite.  Hingga,keluarga kami sampai kembali ke Pulau Jawa, kondisi mobil kami aman terkendali . 

Jangan Panik. 

Tentu semua pengemudi baik saat mudik mapun arus balik lebaran  akan panik apabila mengalami kondisi  terjebak macet dengan indikator BBM di kendaraannya  menipis.  Apalagi sampai sekarat. Sementara rest area selalu penuh oleh para pemudik yang melewati jalan yang sama. Ini dialami oleh Bapak Riyadi,salah satu pemudik asal Tanegrang . 

Beruntung, saya tidak seperti Bapak Riyadi yang akan melakukan  perjalanan ke Surabaya.  Dalam testimoninya  dia menempuh  jarak Jakarta  sampai Bekasi  yang biasa ditempuh  maksimal 1 (satu)  jam namun saat itu  harus ditempuhnya dengan waktu  hingga 5 (lima)  jam. Dalam kondisi tersebut tentu yang akan dikhawatirkan adalah konsumsi bahan bakarnya akan semakin besar sementara kendaraan tidak bergerak. Kalau tangki  BBm masih full sih tidak masalah, lah ini BBM mau habis dan tidak bisa bergerak sama sekali. Beruntung saat dia terbantu dengan program SPBU Modular dari Pertamina.


Apresiasi Satgas Idul fitri  Pertamina



Pada hari  Selasa, 25 Juni 2019 bertempat di Ball Room lantai 5 Hotel Grand Mercure Kemayoran saat menghadiri acara pertamina tepatnya Apresiasi Satgas Idul fitri  Pertamina banyak edukasi yang diberikan dalam acara ini. Pertamina adalah salah satu BUMN yang paling sibuk menjelang arus mudik dan arus balik lebaran setiap tahunnya.  Banyak diantara mereka malah tidak ikut berlibur bersama keluarga, karena harus melayani pengendara /pemudik dalam pemenuhan BBM nya. Nah pra petugas ini disebut dengan Satuan Tugas Pertamina yang dibagi per wilayah  region. Kali ini Apresiasi dilakukan oleh Marketing Operation Region III / MOR3 .

Selama masa satgas, telah disiagakan  seribu layanan lebih  BBM di Sepanjang  jalur Mudik Pulau Jawa dan Sumatera.  Layanan ini terdiri dari Reguler sekitar 822 unit, kioe pertamina sigaa 64 titik, motor kemasan  200unit,  kanotng BBM  115 titik,  dan ruamh pertamina siaga ada di 60 titik. 

Apa Saja Fasilitas dari Pertamina MOR3 

SPBU Modular 


Kondisi yang saya tuliskan di atas, sebenarnya sudah diantisipasi oleh Pertamina. Dengan menyiapkan alternatif penyediaan BBM.  Ada SPBU Modular, BBM dalam Kemasan dan lain sebagainya. Semua itu tersedia sampai kepada para pengemudi berkat kecekatan Satuan Tugas Pertamina tersebut. 

Maka dari itu, Apresiasi  Satgas Pertamina siaga Marketing Operation  Region III  (MOR3) pantas diberikan kepada para pihak pihak yang telah berkontribusi kepada lancarnya arus mudik dan arus balik lebaran kali ini. Termasuk kepada perwakilan pihak aparat kepolisian yang dengan bantuannya , mengawal distribusi tanki BBM meski melawan arah  agar ketersediaan BBM di titik titik tertentu bisa terjaga dengan baik.

Pengalaman Mudik Pakai BBM SPBU Modular di Tol Trans Sumatra
SPBU Modular , sumber : Pertamina



BBM yang disediakan adalah Pertamax dan Pertamina Dex. Soal  harga,jangan khawatir  sama dengan BBM di SPBU pada umumnya.  Saat saya melintasi Tol Trans Sumatra , saya sendiri sempat mengisi full tank Pertamina Dex di  salah satu Rest Area Tol Sumatra. Bentuk SPBU mini ini mesinnya mirip seperti di SPBU fungsional, namun tangki penyimpanan BBMnya masih menggunakan drum atau wadah besar di belakang mesin. SPBU Modular sudah  menyalurkan  BBM hampir 155 ribu liter Pertamax  selama masa  satgas  Pertamina Siaga dari Tanggal 21 Mei hingga 19 Juni 2019.  Ahamdulillah terbantu sekali.

Call Center 135
Terjebak Macet , Tekan 135 Aja !

Saat terjebak macet di Terbanggi Besar , rupanya macet karena keluar pintu tol yang hanya dua gates


Karena keterbatasan saya membaca perkembangan mudik, saat di acara Selasa kemarin, saya baru tahu bahwa Pertamina sudah meluncurkan layanan  call center . Tinggal 135 saja, maka problem kita berkendara terkait BBM sedikit banyak terselesaikan.

Saat kondisi terjebak macet, maka peran SPBU Modular (SPBU Mini) yang ditemui Pak Riyadi saat terjebak macet tersebut sangatlah menolong.  Layanan SPBU ini sengaja dibuat  Pertamina untuk membantu  pemudik mendapatkan  BBM di rest area yang belum ada layanan  SPBU.  Selain itu ada funsgi dari 135 di layar ponsel kita .

Mulai Februari 2019, PT Pertamina (Persero)  telah memiliki layanan  customer care, pertamina call center 135  yang dibuat  sebagai upaya  untuk meningkatkan pelayanan kepada pengemudi  yang ingin bertanya apa saja terkait produk dan yang utama saat kondisi urgent (mendesak) karena akan  kehabisan BBM di jalan . Satgas akan merespon dengan cepat, bahkan dengan bantuan pihak kepolisian BBM yang dibuat seefisien mungkin  dalam bentuk kemasan agar mudah dibawa kepada pemudik tersebut. 

Apresiasi Kepada Satgas

Atas kinerja Satgas yang memuaskan, maka dari itu, sangat pantas Pak Jumali ,  SVP Marketing Reyal  & Sales  PT Pertamina  (Persero)  mengucapkan rasa terimakasihnya kepada semua pihak termasuk Jasa marga, DLLAJ, Kepolisian dan lainnya   yang telah bekerja sama sehingga  berhasil melancarkan suplai ketersediaan BBM  dalam arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini yang  berjalan lancar. 

Layanan SPBU Modular  baru disiapkan tahun ini, sebagai upaya  Pertamina MOR III menjawab layanan penyediaan BBM bagi pemudik , dengan skenario  satu jalur /one way.  Kehadirannya ibarat oase  pemudik yang kehabisan bahan bakar . 

Apresiasi Terhadap Berbagai Pihak ;


General Managaer Pertamina  Marekting Regon (MOR) III , Tengku Fernanda mengatakan  " Dlaam menalankan tugasnya membentuk tim satgas Pertamina  Siaga Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2019 yang berkoordinasi dnegan  berbagai pihak. Para satgas  RAFI bertugas 24 jam " Ucapnya saat acara Apresiasi  berlangsung. 


Pengalaman Mudik Pakai BBM SPBU Modular di Tol Trans Sumatra
Penghargaan kepada Pihak Kepolisiasn yang sangat membantu MOR3  Pertamina


Kategorinya :

1.  Mitra Satgas Pertamina Siaga, yang ikut membantu  kelancaran arus mudik;
2.  Mitra Satgas Pertamina Siaga, yang mendukung kelancaran operasional penyaluran            BBM yaitu dari kasatlantas Pols Indramayu. Polres Subang,  dan Polres Garut dan 
     Hiswana;
3. SPBU Siaga, SPBU yang memberikan dukungan maksimal  kepada Pertamina selama       masa satgas  yaitu 16 SPBU di jalur tol maupun non tol;
4. SPBU Modular dan Kios Pertamina , yang memberikan  dukungan penyaluran BBM          bagi pemudik di titik  yang tidak ada layanan SPBU
5. Terminal BBM dan Depot LPG, yang nonstop 24 jam  memenuhi pendistribusian  BBM     dan LPG di tengah kemacetan dan rekayasa lalu lintas;
6. Satgas Pertamina Siaga , yaitu penghargaan bagi seluruh tim Pertamina yang menjadi         satgas selama arus mudik balik, bertugas di lapangan  maupun di posko . tanpa libur    
    dan     selalu siaga 24 jam dalam seminggu. 
Apresiasi Satgas Idul fitri  Pertamina  Pada hari  Selasa, 25 Juni 2019 bertempat di Ball Room lantai 5 Hotel Grand Mercure Kemayoran saat menghadiri acara pertamina tepatnya Apresiasi Satgas Idul fitri  Pertamina banyak edukasi yang diberikan dalam acara ini. Pertamina adalah salah satu BUMN yang paling sibuk menjelang arus mudik dan arus balik lebaran setiap tahunnya.  Banyak diantara mereka malah tidak ikut berlibur bersama keluarga, karena harus melayani pengendara /pemudik dalam pemenuhan BBM nya. Nah pra petugas ini disebut dengan Satuan Tugas Pertamina yang dibagi per wilayah  region. Kali ini Apresiasi dilakukan oleh Marketing Operation Region III / MOR3 untuk wilayah  Jawa
Pemberian penghargaan kepada salah satu kategori di atas









Comments

  1. Menarik sekali mudik bersama keluarga dan orang tua. Kadang sangat riskan kalo membawa ortu dalam mobil, takut mereka kelelahan apalagi pas kemacetan. Untung kemarin mudiknya lancar ya mas. Urusan BBM juga beres. Thanks untuk Pertamina yang turut memberikan kelancaran mudik tahun ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Kudu dihitung kalkulasinya kalau gak bgitu kita juga yang bakal repot.

      Delete
  2. seru ya..deg"an klo mudik kena macet terus bensin"nya udah pas"an, bersyukur ada call center 135 sama SPBU Modular jadi media penolong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul n kita harus make sure itu betul2 terisi full BBM nya.
      Salam . Terimakasih sudah mampit

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Back To The Future ! SAVASA Delta Mas- Hunian Bahagia Terbaik Nuansa Jepang Yang Menjadi Kenyataan

LUGANO LAKE PARK , Suasana Swiss di Perumahan Tangerang CitraRaya

17 Tahun K-Link Indonesia, Sweet Seventeen Bisnis K-Link Online Berbasis Syariah