Dexlite Varian "Minuman" Baru Bagi Mesin Diesel Anda





Pameran Otomotif terbesar di Indonesia  biasanya di gelar di Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dan sumber dari segala pergerakan perekonomian bangsa  ini. Maka sungguh sangatlah wajar  peserta atau pengunjung  yang menghadiri  selalu penuh membludak setiap kali even ini diadakan.
 Kini bagi yang berada di luar DKI terutama saya  yang menjadi suatu keberuntungan tersendiri bisa hadir di GIIAS 2016 . Sejak adanya ICE BSD City  di Tangerang   cukup 30 menit dari rumah atau kantor sudah bisa sampai ke  pagelaran otomotif semisal Gaikindo Indonesia  International Auto Show (GIIAS) Tahun 2016 yang mengusung konsep future ini . Acara ini resmi berlangsung dari Tanggal  11 hingga   21 Agustus   2016 .


Sore  kemarin  Kamis Tanggal 18 Agustus 2016  Saya diundang komunitas  Blogger ( Indoblognet.com)  dalam acara  dialog interaktif yang dilaksanakan oleh Pertamina Indonesia. Dalam acara ini hadir pula  para komunitas otomotif di Indonesia selain dua puluh blogger yang turut meramaikan acara.

Tema yang diusung kali ini adalah tentang Bahan Bakar Mesin Diesel. Pertamina  saat ini mengeluarkan varian produk yang beragam semisal Produk Dexlite . Varian yang dikhususkan untuk mobil  berbahan bakar diesel ini   memiliki cetane (baca ;setan) Number  minimal 51 dan mengandung sulfur (sulfur content) maksimal 1200 ppm. Dexlite  itu sendiri yaitu Diesel hemat  bertenaga , produk bahan bakar  diesel berkualitas dengan harga terjangkau .

Di negeri ini dan di  selurh deerah di wilayahnya  sudah  mulai terjadi kemacetan di mana-mana dan banyak orang yang merasa bahwa bungan gas dari mesin diesel lebih berbahaya dibandingkan dengan mobil berbahan bakar lainnya. Hal ini pun  seharusnya didukung dengan  adanya peningkatan populasi  kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail  yang memerlukan bahan  bakar lebih bersih dan memiliki angka cetana lebih tinggi. Atas dasar itulah Pertamina mengeluarkan kebijakan pemberlakuan bahan bakar ramah lingkungan Dexlite. 

Disparitas perbedaan  harga yang cukup tinggi antara Solar bersubsidi  ynag kini berkisar Rp 5.150  per liternya dengan Pertamina Dex  berkisar Rp 8.100 per liternya sehingga diperlukan adanya produk ANTARA agar konsumen bisa lebih banyak pilihannya. Hal   ini  hampir sama seperti kebijakan pengeluaran Produk Pertalite untuk jenis di atas premium  dan di bawah harga  Pertamax.

Bagi pribadi/komunitas otomotif yang memiliki kendaraan bermesin diesel kini tidak perlu khawatir lagi. Harapan adanya BBM Diesel yang kompetitif secara harga dan memiliki kualitas baik sudah disediakan oleh pemerintah melalui pertamina. Mereka   Mmenyediakan  produk baru yang lebih berkualitas  bagi konsumen yang menggunakan kendaraan bermesin Diesel  dengan harga Rp 6450 rupiah per liternya diharapkan para pengguna segera beralih ke BBM jenis ini karena kualitas Dexlite ternyata  lebih tinggi dibandingkan solar 48,namun masih di bawah kualitas Pertamina Dex.



Dialog antara komunitas otomotif dengan Pertamina yang diwakili oleh Public Relationnya Ibu Anin dan Peneliti Bahan Bakar dari ITB Bapak Trius (Tri) sungguh memberikan informasi berharga  .   





Ibu Ain  dari Pertamina banyak menggambarkan  Pengguna Dex (Diesel Environtment Extra)  sebagai :
1.       Adventurer yang tangguh  dan gemar berpetualang baik dari sisi usia maupun profesi.Sementara Bapak Trius (Tri) Selaku Peneliti Bahan Bakar dari ITB menjelaskan kelebihan dan kelemahan dari penggunaan bahan bakar saat ini yang digunakan masyarakat kita. Pertamina DEX (singkatan dari “Diesel Environment Extra”) adalah salah satu jenis BBM produksi PERTAMINA yang dipergunakan untuk kendaraaan bermotor dengan mesin diesel modern. PERTAMINA DEX memiliki kelebihan dibandingkan dengan bahan bakar untuk mesin diesel lainnya, diantaranya :



Memilik angka performa tinggi dengan Cetane Number Minimal 53 (paling tinggi dikelasnya).
Memiliki Kandungan Sulfur Paling Rendah di Indonesia (max. 300 ppm) yang berfungsi untuk menghindari penyumbatan injektor dan menghasilkan emisi gas buang lebih ramah lingkungan.
Memiliki Additive yang berfungsi untuk membersihkan dan juga melindungi mesin kendaraan.


Perbandingan Dexlite Vs Biosolar
Dexlite

Bio Solar
Angka Setana 51

Angka Setana 48
Angka Sulfur 1200 ppm

Angka Sulfur 3500 ppm
Aditif

Tidak Aditif

Kalau kita perhatikan secara saksama, semisal  Pertamax dan Pertamax Plus, BBM untuk mesin diesel Pertamina DEX juga termasuk BBM Non Subsidi. Harga Pertamina DEX  selalu berubah secara periodik mengikuti harga minyak dunia yang berlaku pada saat itu. Jangan khawatir jenis ini sulit didapatkan di pasaran sebabnya  kini Pertamina DEX sudah lebih mudah ditemui, karena sudah tersedia  di SPBU di seluruh Indonesia.





Comments

  1. wihh pilihan tepat nih, apalagi terjangkau dan ramah lingkungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget dari dulu meski masih bio solah sudah hemat banget, apalagi sekarang dengan teknologinya yang sudah maju.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi