Im Blogger and Im Healthy With SoMan



Liburan bareng komunitas,   pakai menginap segala dan jumlahnya lebih dari 100 orang, pasti belum banyak yang mengalaminya?

Beruntung banget saya dan keluarga bisa merasakan suasana tempat wisata  di Daerah Bogor bareng komunitas Blogger Crony  selama 2 hari satu malam (2D1N). Pengalaman berharga ini bukan saja dari tempatnya tapi dari isi acara tersebut yang dibuat nyaman dan ceria sehingga anak anak yang kami bawa pun bisa merasakan nyaman dan aman seperti bapak ibunya. Kondisi ini berbanding lurus dengan  suasana sejuk kawasan wisata yang baru pertama kali disinggahi  dan  membuat waktu tak terasa berjalan saking nyamannya.

Blogger Crony sendiri saat ini sudah berusia 2 tahun. Komunitas yang digawangi duet maut Mbak Wawa dan Mas Sato ini memiliki member di seluruh penjuru nusantara. Peserta yang hadir saja ada yang dari Pulau Kalimantan nun jauh di sana. Tercatat 1.091 anggota yang sudah terverifikasi keanggotaannya. Setiap harinya ada saja momen yang di share untuk dihadiri anggotanya. Menulis, mereview dan memposting di blog anggotanya masing masing bagi yang berkesempatan hadir di acara Blogger Crony adalah suatu keharusan demi karir  para Blogger itu sendiri.

Bukan kewajiban sebagai anggota menuliskan setiap kegiatan yang didatangi namun jauh dari itu semangat membangun branding, semangat memberi pengetahuan baru yang seharusnya ada di setiap hati dan jiwa para anggotanya. Komunitas adalah wadah tempat kita berbagi ilmu dan memperbaiki kualitas blog yang dipunyainya. BLOGGING, NETWORKING,EMPORING adalah moto sekaligus Brand dari Blogger Crony itu sendiri.

Blogger Gathering yang diadakan pada Hari Sabtu s.d Minggu Tanggal 18 s.d 19 Maret 2017 Bertempat di Kampung Wisata  Rumah Joglo  Bogor telah menyisakan kisah inspiratif bagi para anggotanya. Tempat yang oke, kualitas pemateri yang tidak diragukan lagi, dan beragam materi/hadiah yang disediakan bagi peserta yang aktif di medsos, live tweet, instagram, peserta teraktif bertanya dan terakhir hadiah untuk peserta yang telah memberikan inspirasi melalui tulisan di blognya.  Kedepannya akan ada banyak hadiah dan beragam kategori yang akan diterima para Blogger dalam acara Gathering yang diadakan berikutnya.

Hore..., Mami dapat no 1 bikin status acara di FB

Blogger Gathering Hari Pertama


Sabtu pagi, sekitar pukul 09.00 WIB Saya dan istri sudah sampai di lokasi, cuaca hujan mengawali hari itu dengan indahnya. Tampak Mbak Wawa, Zata,Mas Sato, Fawaz sedang asik mengatur tempat untuk acara nantinya. Jam demi jam berikutnya para Blogger mulai berdatangan terutama dari arah Stasiun Bogor yang di gawangi oleh Mbak Yayat.  Angkot  yang membawa mereka ke lokasi terlihat mulai datang satu persatu. Menjelang pukul 11.00 peserta sudah berkumpul di tempat registrasi awal.

Setelah selesai registerasi dan menaruh barang bawaan di tempatnya, acara dilanjutkan dengan makan siang bersama , menu khas Rumah Wisata Kampung Joglo seperti  sayur asam lengkap dengan lauk pauknya menemani perbincangan kami yang sebagian besar baru pertama bertemu di acara ini.  

Setelah itu, Master Of Ceremony alias MC kekinian yang lagi naik daun Yotz Adhitya  didapuk membantu kami menemukan kegembiraaan lagi. Ya, di lapangan dekat tempat makan tadi, kami dikumpulkan untuk diberi arahan sekaligus pembukaan acara . Dan lagi lagi 10 orang blogger terkaget kaget saat namanya dipanggilke atas panggung  karena mendapatkan hadiah. Rupanya bagi yang telah memposting banner kegiatan acara di FB akan dipilih 10   Blogger yang menginspirasi. Hore... salah satunya mami Uli yang dapat. Hehehehehe

Satu demi satu blogger dipanggil ke atas panggung dan diberikan hadiah. Oh iya, hadiah kali ini diberikan oleh SoMan sebagai Mitra Blogger Crony dalam acara ini. Luar biasa bukan? Baru mulai acara So Man sudah bagi bagi hadiah.

Dunia Sosial itu tak perlu di bawa ke dunia nyata

Selanjutnya, kami disuguhi materi yang menurut saya "Makjleb" alias  mantaf bener. Om Feri yang menginspirasi kami lewat Dikidi.com nya membawakan materi dengan judul  Dunia Nyata Vs Dunia Kepalsuan .

 Ya, bersosial media itu harus sehat,  dan itu mudah dilakukan namun tak jarang sulit dieksekusinya bagi orang yang terlanjur hidup dalam kepalsuan .  "Jangan jadikan sosial media itu kehidupan nyatamu".Uajrnya yang membuat Blogger yang hadir "tertampar" Hehehehe.

Penyakit akan datang kepada kita, bila kehidupan kepalsuan terus dijadikan pegangan hidup.  Depresi yang di tahun 2030 akan menjadi beban terberat keuangan negara  akan menjangkiti orang yang belum sadar bahwa medsos adalah dunia kepalsuan. Oleh karena itu jangan mengandalkan obat saja namun harus  lebih dari sekadar obat untuk menyembuhkannya. Seperti yang diberitahukan oleh pemateri berikutnya dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia yang juga hadir sebagai nara sumber. "Orang Sehat Belum tentu Bugar, Orang Bugar sudah pasti Sehat". Kalimat yang bikin Blogger lagi lagi berkerut tanda penasaran.Untuk materi ini  Saya mngupasnya kali lain saja ya friends?

Materi berikutnya adalah tentang Personal Branding, Sharpen Your Personal Brand By Maximizing Your Personality &Attitude . Materi ini dibawakan oleh Bu Ririn Rosaline  seorang Personality, Branding, PR Skills Speaker . Beliau juga sebagai Associate Marketing Communication at toska dan  Founder of momeira .
Yang menarik perhatian saya adalah materi ini sering dibawakannya dan juga pernah di dengarkan oleh para Blogger lainnya namun sulit sekali menerapkan nya dalam kehidupan sebagai Blogger .Ada apa dan kenapa itu bisa terjadi ya? 
Ternyata memang kita belum sepenuhnya kita menjadikan diri kita seperti apa yang kita mau dan orang lain mau, termasuk saya yang belum menemu kenali potensi saya dalam menulis dan sebagai Blogger. Siapa saya dan apa yang harus dilakukan untuk mewujudkan kita sebagai Brand terbaik.

Slide pertama menampilkan sebuah pertanyaan Who Are You ?
What DO People Think AboutYou?

Kemudian Beliau mengajak kami untuk memastikan bahwa you are your own brand . ANDA ADALAH BRAND SENDIRI

Memberitahu orang lain tentang siapa diri kita, apa yang kita lakukan, apa yang membuat kita berbeda, bagaimana kita membuat nilai untuk mereka dan apa yang mereka harapkan ketika mereka berhubungan  dengan kita secara langsung / tidak langsung memengaruhi persepsi orang lain mengenai kita.
 Creating & sharpening self image . Sehingga Memudahkan orang lain untuk mengingat diri kita (menjadi top of mind) adalah sebuah hal yang harus kita gali.  Mendapatkan "pengakuan" dan meningkatkan "prestise" adalah buah yang akan diraih bila kita sudah mau bersusah payah sejak dini menentukan apa dan siapa diri kita sesungguhnya.
Sebagai contoh, Istri saya sendiri. Saya melihatnya sebagai Blogger potensial karena apa ? Kekonsistenannya menulis, kemudian membuat image kuat karena tulisannya yang unik . Alhasil ada saja rezeki yang mengalir dari tulisannya yang apik. Berkat Blogger Crony pula lah salah satu wadah dia bersemangat membagi sesuatu yang konten tulisan bermanfaat.  Akhirnya apa yang dikatakan Bu Ririn mengenai  "Membuat calon customer/ client untuk melihat kita sebagai salah satunya solusi  untuk permasalahan mereka menempatkan  diri kita di atas  kompetisi dan membuat kita unik dan lebih baik dari kompetitor dalam dunia usaha" menjadi terbukti.

Personal Branding itu

1.Berkelanjutan
2. Persistensi
3.Konsistensi
4.Waktu
5.Komitmen

Attitude Is Everything

Ada hal menarik yang saya garis bawahi dalam materi kali ini, berikut beberapa diantaranya soal Attitude atau perilaku yang memang secara keseharian ditampilkan. 

Attitude
Etiket, Perilaku, Pendirian

Your attitude  is like a price tag, it shows how  valuable  you are.

Apabila kita mengahdiri suatu acara, kuta harus menampilkan total look :
1. Kenali acara yang akan dihadiri; Apakah acara santai,semi formal, atau acara formal
2.Perhatikan dress code (jika ada)
3.Gunakan warna -warna "aman"
4.Tidak berdandan berlebihan
5.Berpenampilan sesuai karakter

Soal pemiihan pakaian
1. Tidak perlu mahal dan branded
2.Siapkan sebelum beraktifitas
3.Nyaman
4.Miliki beberapa item yang sama namun berbeda corak dan warna untuk memudahkan padu padan
5.Aksesoris seperlunya
6.Praktis
7.Perhatikan kesehatan dan kebersihan rambut dan gigi
8.Kenakan alas kaki yang nyaman sesuai denhan aktivitas yang akan dilakukan.

Saya melihat dari kedua nara sumber Om Feri dan Bu  Ririn Rosalin adalah suatu keterkaitan .Antara dunia media sosial yang penuh "Kepalsuan" yang tak pelru Baper menyikapinya dengan dunia nyata yang harus memiliki Brand Pribadi yang kuat.  Media Sosial yang dikatakan oleh Om Feri untuk meraup "pundi -pundi rupiah" juga harus dibarengi oleh etiket tinggi yang penuh konsistensi. Seperti kata pamungkas yang dikatakan oleh Bu Ririn "Konsistensi is Key".





#Semoga bermanfaat.

Tulisan ini adalah satu dari beberapa rangkaian tulisan   acara dari  BloggerCrony dan BloggerDay 2017 by SoMan

Comments

  1. Asyik ya. Ilmu dapat. Liburan juga dapat. Senang banget.

    ReplyDelete
  2. iya mbak Maria, seneng sampe rela tidur di luar kebiasaan demi materi yang keren2.

    ReplyDelete
  3. Wah seru tuh kayaknya... Enjoy with blogger yeh bung papih dua kyh... Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti Bro... ikut aja kegiatan Blogger Crony berikutnya ya! Pasti punya pengalaman yang berharga.

      Delete
  4. Dan aku happy satu kamar sama Kayama hehe. Gemeees

    ReplyDelete
    Replies
    1. gerrrr pasti rusuh ya mbak? Soalnya anak saya suka minta susu di jam jam tidur kita yang lagi nyenyak nyenyaknya. Hehehehe. Pasti keganggu. Saya minta maaf ya kalau tidak berkenan.

      Delete
  5. Jalan2 bareng komunitas pertama nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mi acara yang keren dan banyak hadiah , pada sehat lagi karena ada SoMan

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Menyoal Kecerdasan Anak , Pastikan Pencernaannya Sehat

Wuling dan The Real Spacious Family MPV

Memberikan yang Terbaik, Nelpon, SMS kini gak pakai pulsa lagi