Istriku Bilang Perusahaan Sawit Itu Cinta Lingkungan

Halo Gaess, kembali si PapiKYH  menuliskan kisah waktu ketemu si Mami nih. Ceritanya waktu  kami pacaran dan saat itu masih bekerja di perkebunan kelapa sawit hingga kini. Istriku Bilang Perusahaan Sawit Itu Cinta Lingkungan. Aku berkenalan dengan istriku memang lewat blog tapi sejak kami berkenalan dia sudah bekerja di perkebunan kelapa sawit hingga kini.



Industri Sawit Berkelanjutan
Kenali Industri Sawit, maka lihat apa yang terjadi !


Dulu aku berpikir ngapain sih kerja di bidang yang banyak dimushin LSM pencinta lingkungan? Dulu aku mungkin sepemikiran dengan kalian bahwa sawit itu perusak lingkungan, namun sejak mengenal calon istri yang kini telah menjadi ibu bagi kedua anakku semua yang aku ketahui tentang sawit ternyata banyak yang salah. Beberapa kali aku harus ditinggal istri dinas karena pekerjaan di perkebunan kelapa sawit,  mengharuskannya melakukan kunjungan kerja ke site (kebun).

Kini istriku bekerja di perusahaan sawit yang berlokasi di Meulaboh – Aceh. Industri sawit ternyata sangat kompleks, saat ini bahkan kata istriku perusahaan sawit juga menuju era industri 4.0 berbasis bank data. Dari istriku aku tahu bahwa sawit saat ini menjalankan mandatori dari Menteri Pertanian,  yaitu melakukan sertifikasi ISPO dan ini bukan pekerjaan mudah bagi perusahaan terbukti sejak kegiatan sertifikasi ISPO istri mendadak sibuk. Dari istri juga aku bisa memahami apa sih ISPO ini? Ternyata pemerintah sedang berbenah menciptakan industri sawit berkelanjutan, Emang Bisa? Nah itu dia, akupun berpikir demikian dan ternyata bisa karena perusahaan istri sudah memperoleh sertifikasi ISPO pada tahun 2017 lalu. 
Industri Sawit Berkelanjutan
Foto Istri , perempuan tangguh  yang menikmati pekerjaannya di Perkebunan Kelapa Sawit 


Lewat ISPO maka perusahaan sawit sudah pasti memiliki legalitas yang sah, selain itu didalam ISPO diperhatikan semua aspek baik untuk lingkungan, karyawan dan flora fauna di sekitar perkebunan. Tak sedikit biaya yang harus dikeluarkan perusahaan-perusahaan untuk menjalankan bisnis sawit berkelanjutan.


Dari cerita istri juga kini berkat ISPO Pabrik Kelapa Sawit mereka menjadi bersih banget, karena memang ISPO memastikan tidak boleh ada ceceran minyak sedikitpun di tanah. Karena ISPO juga karyawan rutin melakukan medical check up dan urusan limbah juga menjadi fokus ISPO karenanya aku yakin bila semua perusahaan melakukan sertifikasi ISPO maka industri sawit bukan lagi masalah lingkungan melainkan menjadi nafas kehidupan kita .

Sejak lama aku berkeinginan berkunjung ke perkebunan kelapa sawit namun belum terealisasi hingga kini dan untunglah bisa mendapatkan keterangan langsung dari istri yang memang bekerja di perkebunan kelapa sawit. Kita memang enggak akan pernah paham bila kita tak mengenal kondisi sebenarnya. Jadi kalau ada yang bicara baik tentang sawit percayalah bahwa demikian adanya. Selain tentang ISPO istriku banyak bercerita tentang bagaamana masyarakat di sekitar perkebunan merasa terangkat taraf ekonominya. Masyarakat sekitar menjadi karyawan harian di perkebunan bahkan karyawan panen bisa tinggal di rumah yang disediakan perusahaan. Anak-anak karyawan bisa bersekolah karena perusahaan membangun sarana pendidikan dan di salah satu perkebunan dulu tak ada jalan darat namun berkat adanya perkebunan desa itu kini memiliki jalan darat. 

Industri Sawit Berkelanjutan
Pembibitan Sawit yang rapih banget 

Sebagai tambahan informasi, sertifikasi ISPO ini dilaksanakan berkelanjutan, perusahaan yang telah mendapat sertifikasi harus terus mempertahankan lingkungan baik dan akan diaudit secara bertahap selama lima tahun kedepan. Semula perusahaan bisa santai tak memperhatikan keselamatan pekerja tapi dengan ISPO semua karyawan mendapat pakaian lengkap yang membuat mereka bekerja dengan nyaman.Jadi kalau ada yang masih bahas sawit sebagai biang kerok perusak lingkungan rasanya kok aneh? Apakah enggak update berita atau hanya sekedar ingin terus membuat citra industri sawit di Indonesia menjadi buruk? Amerika dan Eropa terus memborbardir industri sawit kita, bahkan baru-baru ini Kepala BPOM menyebutkan adanya black campaign dari industri makanan dengan beredarnya label “Free Palm Oil”, padahal hampir seluruh aspek kebutuhan kita mengandung minyak sawit. Cek deh kamar mandi kalian,  dari peralatan mandi saja bahan dasarnya dari minyak kelapa sawit semisal sabun mandi. BPOM juga akan terus membantu pemerintah untuk meluruskan isu-isu yang ingin membungkam industri sawit dan salah satu bukti nyata adalah dengan melakukan penarikan makanan berlabel “Free Palm Oil” tadi .
Industri Sawit Berkelanjutan
Pemberdayaan Masyarakat Desa, bekerja dan membantu ekonomi keluarga sekitar 


Industri sawit itu luas dari hulu ke hilir dan tentunya kita gak bisa menutup mata bahwa adalah fakta kalau sawit merupakan penyumbang devisa ekspor terbesar saat ini sehingga mendukung  perekonomian nasional secara global. Bicara sawit baik adalah bentuk komitmen saya dan istri. Semoga Industri sawit berkelanjutan ini bisa dilaksanakan semua perusahaan sawit di Indonesia.

Comments

Popular posts from this blog

17 Tahun K-Link Indonesia, Sweet Seventeen Bisnis K-Link Online Berbasis Syariah

Mengenal Astra Financial di GIIAS 2019, Mitra Keuangan Bagi Kesejahteraan Indonesia dengan Promo Menarik Selama Acara Berlangsung