Mengulik Oli Motor Terbaik Enduro 4T Racing 10W 40 , Kehandalan Mesin Motor di Segala Medan

oli motor terbaik
Memilih Oli Motor Terbaik , Saya percakan kepada Enduro , Produk dari Pertamina Lubricants


Oli Pertamina Jawaban Kebutuhan Mesin Anda dan Gaya Hidup Masa Kini

Enduro , Jagoannya Oli

Berkendara motor di cuaca yang sangat panas ektrem, melewati padang gurun di Pakistan dan Iran  adalah momen yang paling saya sukai dari cerita / kisah seorang Solo Driver,  Stephen Langitan.  Pria yang melakukan   solo Riding   dari Jakarta hingga ke Eropa berasal dari Jakarta ini memang luar biasa.

Stephen  mengendarai sepeda motornya  sampai ke  London Inggris, negeri Ratu Elisabeth sana sejauh 30.000 km  dengan persiapan yang matang. Dan kisah ini memberikan pelajaran berharga bagi siapa saja yang melakukan perjalanan jauh menembus batas waktu . Apalagi bagi  yang sering touring dengan persiapan ala kadarnya. Asal punya motor,punya komunitas jalan deh. Gak tau di depan ada kendala apa, rerata akan bilang "Gmana di sana aja deh !"

Dengan melewati 30 negara dan menghabiskan waktu  tempuh selama 5 bulan ( 17 Agusts 2018) bukan lah hal yang biasa saja. Beratnya perjalanan sudah diantisipasi oleh team dan  tidak bisa dibayangkan dengan kata kata. Hanya Stepehen, teamnya dan Tuhan yang tahu betapa beratnya perjalanan itu.  

Stephen sendiri mengendarai tunggangan roda dua yang sudah dikonstruksi sebagai motor penjelajah segala medan. Dari cuaca hingga lokasi yang akan ditempuh, tentunya harus dipertanggungjawabi  dengan menggunakan Oli Motor Terbaik agar performanya moncer , tidak menyusahkan sipengendara.

Oli Motor Terbaik ?

Awal Januari , tepatnya di malam tahun baru dimana hujan dengan sangat derasnya. Banyak sekali daerah yang terdampak banjir. Salah satunya adalah di komplek rumah saya. Saat itu rumah  saya banjir dengan kedalaman 40 cm dan masuk ke ruang tamu hingga ruang tidur , membenamkan apa saja yang ada di dalamnya. Termasuk motor kesayangan saya. Padahal 31 Desember 2019 sore , saya baru saja mencuci bersih tunggangan saya ini dan mengganti oli motornya dengan Enduro 4T Racing 10 W  40.

"Alamat ke bengkel lagi ini mah, bakal mogok dan sebagainya" Pikirku sambil melihat air hujan  yang mulai menenggelamkan  motor Yamaha berwarna merah kesayanganku  itu.

Mesin motor yang kelelep air banjir pastinya akan memengaruhi performa motor dan akan mengganggu kenyamanan berkendara ketika dijalankan. Namun saat banjir surut, kejadiannya sungguh ajaib. Saya start,  eh mesin motornya langsung  hidup. Alhamdulillah gak keluar biaya buat ke bengkel. Apa ini karena faktor olinya ya?

Oli Motor Terbaik  tentu butuh pembuktian. Menjadi perhatian saya, ketika kisah  Stephen Langitan ini menggugah akal kesadaran tentang kebenaran penggunaan Oli Enduro.  Ternyata, Oli Motor terbaiknya adalah berupa  Pelumas Mesin yang asli buatan Indonesia dari PT. Pertamina Lubricants sebagai pendukungnya (Enduro 4T Racing 10W - 40) bukan merek dari luar negeri yang sering dipakai orang lain (buat gaya gayaan). Cukup pakai buatan Pertamina (Enduro) maka segala kondisi yang Anda hadapi akan terasa ringan seperti dalam kisah nyata tenggelamnya tunggangan saya kala itu.

Kenapa menggunakan Oli Enduro Racing 10W 40 yang terkenal harum ini? 

Jawabannya ada banyak sekali keunggulan yang  dapat dibuktikan dari penjelajahan  tersebut.  


Saya sampai hunting berita , review mengenai ketangguhan Oli Enduro ini. Beberapa diantaranya  adalah hasil dari solo riding itu sendiri :


  1. Ternyata dalam perjalanannya, motor tersebut  hanya mengganti Oli Motor sebanyak   6 kali saja.  Woow ... kalau  harga Oli Motor tersebut seharga Rp 50.000,00 ( lima puluh ribu rupiah) berarti hanya menghabiskan 300 ribu saja untuk belanja Oli Motor Terbaik dan  tangguh ini; 
  2. Oli Motor yang digunakan  membuat performa mesin menjadi lebih baik, melewati  jalan tertinggi di dunia Khardungia  Top di India dengan suhu udara di bawah nol derajat , Pegunungan Alpen di Eropa dan puluhan negara lainnya ;
  3. Oli Motor mesin Enduro andalan Indonesia  tersebut membuat suhu / temperatur mesin menjadi lebih stabil (mesinnya tidak over heat (terlalu  panas) meski melewati tempat dengan suhu ekstrem seperti padang gurun yang terkenal panas menyengat;
  4. Oli Motor  pelumas mesin tersebut membuat suara mesin motor lebih halus , tidak  berisik meski telah menempuh jarak yang sangat jauh dan kondisi ekstrem;
  5. Oli Pelumas Enduro Racing  tersebut membuat ketahanan berkendara jarak jauh menjadi lebih nyaman;
  6. Terakhir, Oli Motor mesin kendaraan yang digunakan adalah asli buatan negeri sendiri. Mencintai Produk Indonesia yang sudah diakui dunia internasional adalah bagian dari hidup bernegara. Dan Stephen Langitan telah membuktikannya.


Pertamina Enduro 4T 
Oli motor
Enduro 4T Nangkring di Motor dengan gagahnya


Secara geografis Indonesia adalah negara terbaik, dengan cuaca bersahabat . Hanya ada dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Tak perlu payah payah dalam berkendara menuju suatu tempat. Cukup sediakan jas hujan saja apabila ada di musim penghujan. Kendaraan yang digunakan pun akan lebih terlihat baik- baik saja meski menempuh jarak yang lumayan jauh. Oli Enduro cukup menjadi representasi di cuaca tropis ini.


Oli Motor  Mesin Enduro  ini dua bulan terakhir saya gunakan juga untuk merasakan sensasi dari ketangguhan oli ini bagi mesin roda dua saya. Dan ternyata rasanya beda banget di mesin.  Pada Oli Syntetis molekul - molekulnya lebih kecil dan mudah meresap ke sela - sela meta logam yang bergerak. Selain itu penguapan pada  oli syntetis ini lebih rendah dibandingkan yang mineral (bukan oli sintetis). 


Nah soal jarak tempuh berkendara, saya beberapa kali  merasakan berkendara roda dua dengan jarak cukup jauh.  Perjalanan menempuh dari Tangerang Ke Lampung dan sebaliknya , perjalanan dari Jakarta menuju Purwakarta pulang Pergi dan perjalanan touring teman - teman Kantor ke Gunug Bunder Jwa Barat.  

Jarak tempuh antara satu tempat satu ke tempat lainnya paling jauh memakan waktu 5 jam perjalanan, itupun dengan kondisi sebentar panas sebentar hujan lebat. Pengalaman   merasakan mesin kendaraan over heat  yang memengaruhi performa mesin pernah saya rasakan. Bahkan ketipu sama penjual oli palsu pun pernah saya alami saat di beada di kawasan Lampung Tengah. Besoknya mesin motor  saya langsung rusak .  Hal ini dikarenakan saat itu sekitar awal tahun 2000 -an saya belum aware Oli mana yang cocok dengan kondisi motor saya dan sembarang isi oli tersebut.

Dari pengalaman saya  tentu bisa dibayangkan kalau saya menjadi seorang Solo Driver yang menempuh jarak 30.000 km dari Jakarta hingga ke London. Berapa kali saya harus mengganti oli motor dan berapa kali harus ke bengkel untuk service mesin?  Bisa bangkrut perusahaan yang menyuport saya.

Bayangkan, tempat dan cuaca berbeda akan ditempuh, dari cuaca ala Asia Tenggara, Asia Barat, Asia Tengah hingga mencapai Eropa. Yang saya khawatirkan adalah saat berada di Iran dan Pakistan yang ada padang gurunnya. Kalau salah memilih oli mesin  tentu over heat akan terjadi. Beruntungnya Rider memilih Enduro 4T Racing 10 W- 40 .


Pertamina  Lubricants Enduro 4T

Tahun 2016 , saya  mendapat kesempatan menonton Balapan Zet Darat di Sepang Malaysia bersama Pertamina Lubricants. Saat itu say abangga sekali, karea Pertamina menyuport  Pebalap Muda RipHariyanto di Formula Satu (F1) . Dari sana saya percaya bahwa oli dari negeri kita diakui dunia. 

Tahun 2015 , saya juga pernah menjadi saksi dari suatu acara  test drive dengan salah satu oli mesin pula. Bedanya jarak yang ditempuh saat itu berbeda dengan jarak tempuh yang dilakukan oleh Stephen Langitan. Saat itu hanya lokal saja,  dari Aceh hingga ke  Jakarta,  menempuh jarak mencapai  kurang dari 4000 km.

Kondisinya sama, ketika  tiba di lokasi di Jakarta,  yaitu soal bagaimana  kondisi mesin kendaraan yang digunakan saat itu?  Performa mesin sangat detail  dibahas dari hasil  motor yang diujicobakan tersebut . Hasil akhir mengatakan bahwa oli tersebut nyata- nyata menjadi perhatian saat itu. Kalau boleh dibilang , "Oli mesin wajib diganti kalau mau mesin tetap awet bekerja."

Atas dasar pengalaman, kisah Stephen Langitan dan sederet prestasi Enduro  akhirnya saya mencoba produk Oli Motor Terbaik Enduro  ini   agar rasa penasaran saya lunas terjawab. Oli  Pertamina Lubricants ini memang luar biasa. Performa mesin motor kesayangan saya yang kini berusia 8 tahun masih greng , ganas dan selalu best performance meski bukan motor baru.  Mesin motor saya yang  pernah terendam banjir pada awal Januari lalu tetap  setia  menembus perjalanan 3 (tiga)  kabupaten/ kota pulang pergi dari rumah ke kantor tanpa slip, tanpa ngadat dan tentunya tanpa berbau asap knalpotnya.


Produk Enduro 4T Racing 10W-40  memiliki keunggulan :




  • Dapat mencegah slip pada kopling basah dan memiliki kekentalan yang sangat stabil  pada temperatur tinggi dan rendah;
  • Pelumas ini juga disesuaikan  dengan kondisi  sepeda motornya, termasuk sepeda motor generasi terbaru  dengan akselerasi tinggi, tidak mudah teroksidasi   dan terdegradasi  oleh radiasi panas dari mesin, menjaga kebersihan mesin, dapat mencegah terbentuknya  deposit pada piston, mencegah  korosi, dan mencegah komponen  mesin dari keausan.


Produk Enduro 4T SAE 20W 50

Saya sudah menggunakan Oli Motor  Pertamina enduro 4T Anti Slip Kopling  SAE 20W 50). Pelumas Mesin Motor 4 T ini  memiliki keunggulan :


  • Memberikan perlindungan yang baik terhadap mesin dari keausan dan korosi ;
  • Mejaga kebersihan  mesin dan mencegah  deposit  pada piston;
  • Didesain khusus untuk mencegah slip pada kopling ;
  • Cocok digunakan  untuk motor modern dan klasik.

Jadi kesemua produk 4T sama keunggulannya. Tinggal menyesuaikan  motornya dan  piliham  Enduro 4T Racing  atau Produk Lainnya 4T Matic untuk skuter kesayangan Anda sangatlah bijak. 

Saya kalau pakai  Enduro 4T ini serasa berkendara laiknya Pebalap handal. Anti Slip , motor untuk aktivitas keseharian adalah  bisa menembus jalan dengan cepat sekalipun sedang macet , ini dikarenakan motor ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan mobil. Terlepas dari apapun , kendaraan itu harus dirawat . Ada komponen yang perlu diganti semisal oli mesinnya. Makanya perlu Oli Motor Terbaik semisal Enduro 4T Racing.

Dalam sebuah portal berita mengenai otomotif, saya tertarik dengan statement yang menyebutkan “  Jangan belok ke sana dan kemari bila  mau promosi oli. Telah empat kali tampil, mesin motor pebalapnya  asli pakai  oli racing Pertamina  yang full synthetic. Oli ini mengandung aditif  PAO Ester Technology, makanya dalam tiga even perlombaan motor pebalapnya sehat semua. PAO Ester adalah bahan kimia  khusus yang menambah daya  lumas, bahan ini terkenal di dunia dan baru di Pertamina, pelumas dalam negeri yang menggunakan  bahan ini. "

Enduro, selama ini  memang diakui oleh dunia, dipakai dalam perlombaan - perlombaan balap motor baik skala nasional maupun internasional. Apalagi  Enduro 4T Racing SAE 10w- 40  merupakan pelumas motor empat langkah dengan kekentalan ganda berkualitas tinggi, dengan formulasi base oil sintetik dan aditif pilihan.  Oli asli Indonesia ini memiliki  tingkatan mutu  JASO MA2 yang merupakan  standar Jepang  untuk motor mesin empat langkah.

Oli mesin  sangat penting bagi kendaraan kita. Pemilihan oli yang pas akan memengaruhi kinerja mesinnya, yaitu untuk mengurangi gesekan  antar komponen yang terdapat di dalamnya, selain sebagai pendingin mesin tentunya. Pilihan terhadap produk Pertamina sebagai brand ternama di Indonesia (Pertamina Enduro) sekali lagi bukan omong kosong , menjawab kebutuhan mesin Anda dan  merupakan gaya hidup masa kini.

Pengalaman Unik

Dahulu sekali, saat belum ada edukasi mengenai Oli Motor Mesin Terbaik, saya sering mendapatkan mekanik bengkel yang suka mengocok - ngocok oli motor yang akan dituangkan di mesin. Alasannya agar molekul - molekul di dalamnya lebih bercampur merata. Lucu banget deh saat itu. Padahal kan tidak perlu dikocok, oli mesin terbaik sudah jauh lebih sempurna;

Meski bukan pebalap , saya paham bahwa mengendarai motor  tidak bisa dipisahkan dengan performa mesin. Motor dengan mesin yang bagus kencang dan tahan di gas pool jadi hal utama untuk menjadi number one. Nah Performa mesin ini bukan hanya pemakaian bahan bakar yang terbaik. Namun juga menyangkut kaitannya dengan Oli Motor Terbaik yang kini menjadi kebutuhan dan  menjadi gaya masa kini. Oli yang baik akan  meminimalisir gesekan antar komponen mesin dan ikut mendinginkan mesin. Bahkan bisa mendinginkan pikiran karena hargaya yang terjangkau.

==========
Harga oli motor
Pertamina Lubricants, selalu terdepan dalam memproduksi Oli Motor Terbaik

Dalam catatan sejarah otomotif Indonesia, perjalanan jauh untuk mengetes performa kendaraan jarang yang sampai ekstreem. Paling jauh yang pernah saya tahu adalah kurang dari 4000 an kilometer sekitar jarak dari titik nol sabang hingga pulau Jawa.  Namun yang dilakukan oleh Oli Motor Enduro yang dipakai sebanyak 6 kali oleh Stephen Langitan menjawab pertanyaan soal ekstrem tidaknya sebuah pengujian performa kendaraan . Enduro 4T Racing 10 W ibarat final sudah layak berada di podium terhormat number one.

PT Pertamina Lubricants merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero), yang didirikan pada 23 September 2013 dan menerima pemisahan (spin-o ) Unit Bisnis Pelumas PT Pertamina (Persero) pada 30 Oktober 2013.

Mengenai keseluruhan Oli , PT Pertamina Lubricants  produksinya  salah satunya adalah Oli Mesin, baik untuk mobil maupun motor. Kalau motor ada untuk Racing dan ada untuk Matic. Kesemuanya  pilihan terbaik dengan harga oli motor  dan oli motor matic yang terjangkau.

Oli Motor
Oli Mesin Terbaik ada di sini

Semoga Bermanfaat.
Mengulik Oli Motor Terbaik Enduro 4T Racing 10W 40 , Kehandalan Mesin Motor di Segala Medan Mengulik Oli Motor Terbaik Enduro 4T Racing 10W 40 , Kehandalan Mesin Motor di Segala Medan Reviewed by Papi on January 16, 2020 Rating: 5

36 comments:

  1. Sering touring itu bisa bikin sehat.... tapi motor juga kudu sehat .

    ReplyDelete
  2. Di pake jauh lebih sangar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget boss. Pake tuh Oli Enduro buat touring kantor nanti

      Delete
  3. Mantep banget tulisannya. Jujur ku ga paham sama per oli an.. tapi dengan membaca tulisan ini jadi saya ada gambaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah, banyak yang suka memilih oli namun sedikit referensinya. Mudah mudahan bermanfaat

      Delete
  4. bagus nih reviewnya, lengkap.
    Forward ah ke Pak Suami, biar dia bisa baca juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan , dengan senang hati.

      Delete
  5. Oli andalan juga nih, gak bikin cepat panas dan mesin lebih bertenaga jadinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantaff... Memang harus dipilih oli yang bikin manja motor tunggangan. Jangan bentar2 ke bengkel bentar2 mogok. Pakai Enduro deh. Ke London aja nyampe gak ada masalah.

      Delete
  6. Kurang paham mengenai oli tapi pernah mengalami mobil yg suhunya panas banget gara-gara telat ganti oli. Baca ini jadi inget kejadian itu 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya , kalau kita punya motor n mobil paling bahaya ya over heat. Berabe di jalan . Semoga tambah aware nya

      Delete
  7. Kalau ada kelompok touring banyak ceweknya pingin rasanya gabung. Senang bisa motoran rame-rame. Cuma ya itu pas bagian kenapa napa dengan motor susah benerinnya kalau gak ada orang laki��

    Oli, mana ngertiii, taunya bensin full aja haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe banyak yg ngalamin hal seperti itu. Ada baiknya selalu ada pendampingan. Jangan lupa perlindungan asuransinya.

      Delete
  8. aku jadi keinget nih buat segera ganti oli buat motorku, walaupun itu motor jarang banget dipake jauh-jauh. Paling pol dipakenya ke BSD atau Serpong hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa service berkala mbak. Ganti oli dengan Enduro sesuai spesifikasi kendaraan nya.

      Delete
  9. Aku iya-iya aja deh soalnya nggak ngerti urusan oli :D Semoga nggak banjir-banjir lagi ya biar mesin motor dan mobil juga lebih aman,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Banjir selain merugikan kesehatan juga bikin pusing soal keuangan untuk budget service kendaraan yang terwndat.

      Delete
  10. Oli ini emang jadi salah satu komponen penting dari suatu sepeda motor, aku sendiri selalu diwanti-wanti sama orangtua jangan asal beli oli dan udah dikasih tau oli yang udah terbukti. Memang sih, kalau olinya bagus itu mesinnya juga jadi lebih enak gitu dipakai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul dan harganya gak jauh beda kok. Masih terjangkau harga oli motornya. Dan ingat Enduro ini produk asli BUMN Pertamina loh. Harus didukung

      Delete
  11. Pilih jenis oli terbaik merupakan kebutuhan yang utama ya. Maunya kan mesin motor tetap terjaga kualitasnya, masih kenceng tarikannya gitu. Cocok banget nih kalau pilih Enduro buatan Pertamina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, dan selamat ya , mbak orang yang paling beruntung sedunia katena memilih Oli Motor Terbaik Enduro.

      Delete
  12. Mantap ulasannya kak. Aku juga pakenya enduro berapa bulan belakangan ini. Daripada kenapa2 di jalan, over heat kan beresiko yang ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selain Harga Olinya terjangkau kualitas Oli Motor Terbaiknya tetap diutamakan. Jadi banyak yang testimoni nih.

      Delete
  13. oli yang tepat bikin kendaraan juga lebih awet yaaa... dan ini pilihan tepat banget emang

    ReplyDelete
  14. Aku ga begitu faham dengan oli2 an begini, tapi baca review ini kayaknya wajib banget nih aku referesnsiin ke suamiku

    ReplyDelete
  15. Suamiku juga pake oli Enduro untuk motornya.. cocok sih. Berkualitas dan awet 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artinya olinya berjodoh dengan kualitas motornya dan pengendaranya

      Delete
  16. Link artikelnya saya kasiin ke suami, kalau-kalau dia butuh dapet penjelasan menyeluruh gini tentang oli.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih, semoga bermanfaat di jalan. Olinya awet dan aman berkendara

      Delete
  17. Pecinta oli enduro yah pak yusep? Hehehe suami suka pake juga oli enduro buat motor kesayangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak, namanya juga keseharian pakai motor jadi dicari yang bisa bikin motor awet mesinnya

      Delete
  18. Sepakat nih,semoga motornya aku dan yang baca dan yang nulis,tetap sehat dengan rajin ganti oli,pakenya enduro aja,hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Pastinya bermanfaat sejak dalam pemikiran

      Delete
  19. Mantap,Memang benar oli enduro bagus kualitas&kuantitasnya.Dipake lama malah smakin enak,Kualitasnya diatas oli mesran super&federal.Sy sudah membuktikannya.

    ReplyDelete
  20. Kemarin nyari-nyari rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia saat ini, tapi banyak yang menyarankan oli X-TEN. Sebenarnya belum percaya begitu saja sih, tapi kok teman dekat saya juga nyaranin emang pake X-TEN saja. Jadi bingung pilih yang mana

    ReplyDelete

Powered by Blogger.