Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia, Study Locally Compete Globally bersama Universitas Sampoerna !

Sampoerna University

Arizona, Amerika Serikat. Salah satu negara bagian  ke-48  di sebelah barat Negeri Paman Sam .Terkenal dengan Grand Canyon nya,  sebagai negara bagian terluas ke-6 ini mampu menampilkan  lokasi  keren untuk didatangi bahkan sangat cocok untuk menempuh pendidikan tinggi , bagi seluruh warga di dunia, termasuk di Indonesia.

Anda ingin ke Arizona , Amerika Serikat ? Tentu sangat bisa,  itu  bukan sesuatu sesuatu hal yang mustahil lagi di masa ini. Meski Anda bukanlah  Agnez Monica (Agnez Mo) , Rich Bryan, Maudy Ayunda atau  segenap pesohor tanah air yang mampu menaklukan Amerika dengan skill dan bakat serta daya tahan dalam berkarya di dunia  masing – masing,  Anda   jangan takut bermimpi. Anda bisa menjadi bagian dari kurang lebih 9000 orang yang menempuh pendidikan  di Amerika.  Berkuliah saja  di Universitas Sampoerna!


Berkaitan Mimpi Besar



Tahun 2023 , khususnya di dunia pendidikan  Indonesia, Anda pasti mengenal Caesar Archangels Hendrik Meo Tnunay atau lebih dikenal dengan panggilan Nono , anak SD berusia 7 tahun berasal dari Kupang ,Nusa Tenggara Timur yang mampu mengharumkan nama negara  di kancah dunia. Anak ini mampu mengalahkan 7000 peserta dari  berbagai negara dalam kompetisi berhitung mate – matika (menggunakan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Lomba). 

Sayapun akhirnya teringat dengan satu   Film Hollywood  Transformer  yang sangat  digemari oleh seluruh orang di penjuru dunia. Salah satunya ternyata ada sentuhan   tangan kreatif Animator asal  Indonesia bernama Andre Surya yang juga hoby  main games 3 dimensi .  Proses pembuatan  film robot yang sangat  detail, hidup dan tampak nyata. 

Kitapun mengenal   Bumblebee sang Autobot berwarna kuning bertubuh tidak besar dengan sifat periangnya,  Optimus Prime, dan segala hal berbau teknologi canggih yang banyak  menghadirkan spesial efek dan Computer-generated imagery (CGI) ,  sukses memanjakan mata penonton terkagum.


Kenapa mereka bisa sekeren itu ? 

Kuliah di Universitas Sampoerna  jurusan Teknologi Komputer atau yang sejenisnya, tentu akan banyak bersentuhan dengan dunia teknologi super canggih, mendukung belajar serta karir mereka selama berkuliah.  Maka tak heran nanti bertebaran animator asal Indonesia mengikuti jejak kurang lebih 7 (tujuh) orang Indonesia yang berkarir dalam industry Film Hollywood atau membuat sineas tanah air bisa diakui dunia.

Secara kemampuan dan  skill SDM di Indonesia  perlu dipersiapkan segala sesuatunya dengan baik . Di masa depan lewat pendidikan terstruktur dan sistematis seperti halnya Universitas Sampoerna, maka kompetensi kerja yang didukung oleh kurikulum internasional akan selalu berada pada jalur kebenarannya.


1. Benar bagi calon mahasiswa/i memilih Universitas Sampoerna sebagai Almamaternya

 

Bakat seperti Nono, kemudian karir Andre Surya dan lain – lainnya yang memiliki   bakat khusus banyak  ditemukan di Indonesia. Kisah sederhana karya Sineas Indonesia di Belitong sana berjudul Laskar Pelangi juga memberikan kita keyakinan bahwa anak – anak Indonesia mampu dan mau bersaing dengan siapapun, dengan kondisi apapun mereka saat itu.

Universitas Sampoerna Tangguh
Sumber : Republika Online

Ini pun akan berbanding lurus dengan  anak – anak yang diberikan keberuntungan kemampuan finansial yang baik. Secara ekonomi, berkuliah di Univeristas Sampoerna akan memiliki tingkat biaya yang lebih dibandingkan dengan universitas lainnya, tapi hasilnya tentu sepadan.

Mahasiswa/i ini adalah juga masa depan Indonesia di masa depan,  tentu diharapkan dapat menembus batas kemampuan terhebatnya. Akademi yang membangun jati diri bangsa teramat sangat dibutuhkan dan dihargai. 


2. Benar Bagi Pemerintah untuk mengatur kualitas dan kuantitas pendidikan berbasis Kurikulum Internasional.

Sistem  Pendidikan Indonesia

Sebagai informasi, ada delapan  negara yang memiliki jumlah universitas terbanyak di dunia , tiga teratas  diantaranya adalah   India, Amerika Serikat  dan Indonesia. 

Saat ini, pendidikan di Indonesia diatur melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pendidikan di Indonesia terbagi ke dalam tiga jalur utama, yaitu formal, nonformal, dan informal. 

Pendidikan juga dibagi ke dalam empat jenjang, yaitu anak usia dini, dasar, menengah, dan tinggi. Ini ada yang berbasis kurikulum nasional dan ada juga  dengan kurikulum internasional, yaitu pedoman yang digunakan di sekolah internasional dimana peserta didik bebas memilih mata pelajaran sesuai dengan minatnya sendiri dan menggunakan bahasa Inggris dalam pengantarnya. 

Menjamurnya kurikulum internasional tidak serta merta menegasikan kurikulum nasional. Tentu akan  ada kelebihan masing masing yang bisa diterapkan di kondisi yang berbeda dan selalu menjadi penyumbang SDM  unggul  di dalamnya, termasuk lulusan Universitas Sampoerna.

Semakin banyak pendidikan berbasis kurikulum internasional  yang diakui, diverifikasi ketat oleh pemerintah seperti Universitas Sampoerna, seyogyanya kecerdasan bangsa berada pada jalur kebenaran. 

Sebagai masa depan pendidikan yang tidak bebas nilai,  pendidikan bernilai (meaningfull education) adalah pendidikan yang senantiasa mendasarkan pada aspek kebermanfaatan bagi perkembangan kehidupan manusia.

UNIVERSITAS SAMPOERNA

Belajar di universitas Sampoerna berstandar dunia  memiliki keunggulan   dan bahkan nyata untuk memperluas peluang karir masa depan. Probabilitas ini nyaris 100 persen terwujud untuk alumni mahasiswa/i  nya .

Anda bisa kuliah di Universitas Sampoerna dengan memilih jurusan sesuai keinginan dan bakat kemampuan lalu selesaikan saat itu juga. Pengunaan Bahasa Inggris akan menjadi pengantar  keseharian yang   memudahkan proses belajar  kurikulum internasional dan  memudahkan menguasai hal lainnya di jurusan terpilih.

Pilihan Fakultas di Univeristas Sampoerna beragam:

1. ada Fakultas Bisnis;

2. Fakultas Mesin dan Teknologi seperti halnya Komputer;

3. Fakultas Pendidkan ; dan

4. Fakultas Seni dan Ilmu Pengetahuan (Sains). 

Universitas Sampoerna secara luas dianggap sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan standar diakui dunia. Keunggulan akademik  Universitas Sampoerna  ini adalah  mempersiapkan  mahasiswa /i nya  untuk siap menempati posisi mereka di dunia kerja global.


Beberapa Hal kenapa   Harus Kuliah di Universitas Sampoerna : 

  •   Univerisitas Sampoerna  telah terakreditasi A (Baik Sekali) oleh Kementrian Pendidikan , Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia ;
  •   Satu – satunya  perguruan tinggi Indonesia Swasta yang menerapkan pendidikan internasional ala Ameriksa Serikat ;
  •   Gedung Universitas Sampoerna  yang megah, berlokasi di Kampus L’Avenue , Jalan Raya Pasar Minggu Kav.16 Pancoran Jakarta ;
  •   Memiliki kelas Internasional yang  dimiliki  oleh perguruan tinggi di Indonesia yang diakui dunia;
  • Mahasiswa/i bisa memiliki gelar sarjana dua negara yaitu Indonesia dan Amerika.


Contoh, gelar Sarjana Ilmu Komputer di Universitas Sampoerna  adalah tiket Anda bukan hanya satu, tetapi banyak jalur karier, dan beberapa di antaranya bergaji tinggi. 

Setelah lulus, Anda bisa memilih profesi sebagai Mobile Aplication Developer , Web Developer, Software Engineer, IT Security Specialist dan lain sebagainya.   

Sebagai penutup, mimpi anak  Indonesia dalam menghasilkan karya  berkualitas di bidang apapun  bisa bermula dari sini.  Study Locally Compete Globally.

“Dulu, nama besar kampus disebabkan oleh  karena kehebatan mahasiswanya. Sekarang, mahasiswa ingin hebat karena nama besar kampusnya .” 

Pidi Baiq Quote



Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia, Study Locally Compete Globally bersama Universitas Sampoerna !  Peran Kurikulum Internasional dalam Sistem Pendidikan di Indonesia, Study Locally Compete Globally bersama Universitas Sampoerna ! Reviewed by Papi on February 09, 2023 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.